"Bergeraklah", Harapan itu Masih Ada

Tags

“Bangunlah ketika orang lain masih tidur, berjalanlah ketika orang lain sudah bangun, berlarilah ketika orang lain sudah bangun, berlarilah ketika orang lain sudah berjalan dan terbanglah saat orang lain masih berlari dan ketika orang lain masih terbang saya sudah sukses” (Ummu Hammas).

Bagaimana dengan impian kalian teman-teman. Apakah target anda di tahun ini?
Pada awal tahun baru, entah itu tahun baru hijriah ataupun tahun baru masehi. Umumnya kebanyakan orang beramai-ramai menuliskan harapan,target atau impian yang ingin mereka capai. Dari keinginan yang sederhana sampai keinginan yang tinggi.

Jika saat ini adalah waktu dimana keinginan yang kita tuliskan seharusnya terwujud sedangkan pada kenyataanya saat ini masih belum tercapai target target itu, lalu apa yang seharusnya kita lakukan?
Jika saat ini kita sudah tertinggal dari mereka yang memiliki impian yang mungkin sama dengan impian kita, apa yang harus kita lakukan?

Jika mereka yang memiliki umur yang sama dengan kita, yang saat ini ternyata mereka sudah lebih dulu sukses mencapai apa yang mereka targetkan, apa yang harus kita lakukan?
Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan diantaranya:
1. Action
Action merupakan langkah real yang harus kita lakukan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Tanpa action, impian/target/harapan yang telah kita tulis hanya akan menjadi coretan yang tak berarti. Tanpa action, impian/target/harapan itu hanya akan menjadi angan-angan yang tak pasti.
Dalam Al quran surah Ar-rad ayat 11 Allah menegaskan ”….sesungguhnya Alah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. Jadi, hal yang harus kita lakukan adalah action,action dan action.

2. Bersabar pada proses
Banyak orang yang berhenti pada awal, pertengahan bahkan akhir dari proses yang mereka kerjakan. Bahkan dalam surah Al Inshirah (98:5-6) Allah menegaskan dua kali “maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan”.
Tidak menghiraukan cibiran atau sindiran orang orang disekitar kita merupakan bagian dari bersabar dalam proses. Mencoba, mencoba dan bersabar pada proses merupakan hal yang harus kita lakukan. Jadi bersabarlah dalam proses, karena kita tidak akan pernah tahu, diusaha yang keberapa impian yang kita harapkan akan tercapai.

3. Percaya/Yakin
Hal yang tidak kalah penting adalah percaya (yakin) atas apa yang kita impikan. Ketidakpercayaan diri hanya akan membuat kita malas untuk menggapai impian tersebut.

4. Tawakal dan berdoa
Setelah kita melakukan beberapa langkah diatas, ikhtiar terakhir yang dapat kita lakukan adalah tawakal dan berdo’a. Mempercayakan sepenuhnya keberhasilan akan proses yang kita lakukan hanya kepada Allah. Selama kita tidak berhenti untuk mencoba, tentu akan ada hasil yang dapat kita rasakan.
Allah Ta’ala berfirman:
وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ
“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)



Selamat berjuang menggapai impian/target/harapan yang sedang kita perjuangkan saat ini.  Semoga dari impian-impian tersebut akan ada kebermanfaatan untuk umat. Wallahua’alam bisawab

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon