Awaaaas...Dehidrasi Mengancam!!!

Tags


Air merupakan elemen yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, dimana 60%-70% dari tubuh terdiri dari cairan. Keberadaanya bagaikan oksigen, yang akan mematikan jika tak ada. Salah satu hal yang dirasakan ketika tubuh kekurangna air adalah dehidrasi.

Dehidrasi merupakan gejala dimana tubuh kekurangna cairan. Dehidrasi dapat mengakibatkan rasa haus yang tidak tertahan, tenggorokan kering, kulit pecah-pecah, sakit kepala, denyut nadi cepat serta menurunya kosentrasi.

Dalam kasus yang lebih besar, dehidrasi yang diabaikan secara berkelanjutan akan menyebabkan berbagai penyakit serius lainya, diantaranya infeksi kandung kemih, sembelit, gangguan ginjal, radang sendi, penuaan dini, tekanan darah tinggi dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Gambar diatas merupakan gambaran berbagai warna urine yang beberapa diantaranya karena tubuh kekurangan cairan / air. Dimana setiap warna memiliki arti tersendiri:
  • Warna bening dan kuning bening     : Kosentrasi air didalam tubuh cukup. Tubuh tidak mengalami dehidrasi.
  • Warna kuning muda dan kuning pekat  : Tubuh mengalami dehidrasi, tubuh sangat kekurangan air. Segera minum air dalam jumlah banyak.
Menurut Prof. Hiromi Shinya MD, pakar enzim dan guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Amerika Serikat, meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, namun orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih 6 hingga 8 gelas per hari, atau setara dengan 1,5-2 liter per hari.

So, sebelum dehidrasi anda berkelanjutkan segera minum air putih sebanyak banyaknya ya, minimal 6-8 gelas perhari. Semoga bermanfaat ^_^

*Dari bergai sumber

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon