Gunakanlah Pada Tempatnya!!!

Tags



Perkembangan teknologi kian hari kian pesat. Anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang yang sudah tua
tidak asing lagi dengan yang namanya gadget. Baik di rumah, di warung, di rumah sakit, di laut, di darat dan udara (hehe lebay) dapat kita temui. Apalagi yang namanya HaPe.


Mau makan bawa HaPe, mau kekamar mandi bawa HaPe, mau tidur bawa hape, mati bawa HaPe (eeitss nggak mungkin banget ya kalau yang satu ini). Hape atau bisa kita sebut Handphone, menjadi alat penyampai pesan, berita atau apapun itu yang paling sering kita pergunakan. 

Namun, atas jasa keberadaan benda tersebut. Adakah kita mempergunakan benda tersebut secara wajar sebagaimana menggunakan barang-barang lain pada umumnya. Ada yang merasa jika tidak membawa HaPe satu menit saja, merasa tak sanggup hidup, ada yang kurang atau merasa sangat kehilangan. 

Lalu bagaimana jika yang tertinggal adalah mushaf kita, apakah perasaan yang kita rasakan akan sama menyesalnya  ketika HaPe kita tertinggal? (Jangan-jangan curhatan penulis sendiri neeh…#hadeuh).

Ketergantungan terhadap Hape dapat menimbulkan berbagai dampak negatif diantaranya mengganggu perkembangan anak, menurunkan kosentrasi, apa yang dilihat di hp (googling situs-situs yang tidak semestinya) akan mempengaruhi perkembangan otak dan prilaku, semakin terasannya kesenjangan sosial dan lain sebagainya.

Di dalam keluarga akan kita jumpai suatu fenomena sang ayah melihat televisi, sang ibu mengutak-atik Hape, sang anak bermain PS. Sungguh sangat ironis, hubungan antar anggota keluarga terasa hambar. Dalam dunia persahabatan, tidak ada lagi perhatian antar teman. Disaat mereka dengan semangatnya bercerita panjang lebar tentang kisahnya, sementara kita hanya menjawab “oh .., sip, begitu ya” tanpa adanya tanggapan yang serius karena kita disibukkan oleh hape yang kita pegang.

Dampak negatif penggunakan Hape dapat diminimalisir, jika kita dapat memanfaatkannya dengan benar. Diantaranya semakin mudahnya kita mengakses ilmu-ilmu pengetahuan yang belum kita ketahui, mudahnya berkomunikasi dengan saudara atau teman-teman kita yang mungkin saat ini sedang hidup berjauhan, sebagai salah satu sarana untuk berjualan dan masih banyak manfaat lainnya. Manfaat tidaknya Hape yang kita miliki saat ini, tergantung bagaimana cara kita mempergunakan benda tersebut sebagaimana mestinya. 

Wallahu’alam bissawab. Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon