Sabar Diawal waktu

Berbagai macam reaksi orang ketika mengalami musibah. Ada yang mengumpat mengucapkan kata
kata kotor, memecahkan barang barang, menangis meraung dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana reaksi kita seharusnya menurut Islam, ketika kita tertimpa musibah?


Dari Anas ra . berkata bahwa ketika Nabi menjumpai seorang wanita sedang menangis di atas kubur ; beliau SAW menegurnya ,”bertakwalah dan karena sesungguhnya engkau tidak tertimpa musibah sebagaimana yang kualami!” Wanita itu sebenarnya tidak tahu kalau yang sedang berkata adalah Nabi Muhammad. Kemudian ada seseorang yang memberitahukan bahwa dia adalah Nabi SAW. Maka wanita itu segera datang ke rumah Rasulullah. Ia tidak menjumpai penjaga pintu, sehingga ia langsung masuk  dan berkata, “Wahai Rasul, aku tidak tahu kalau yang berkata tadi adalah engkau,”Rasulullah menyahut, “Sesungguhnya sabar itu hanyalah pada hari pertama dari musibah itu.

Cobaan atau musibah adalah cara Allah untuk menguji tingkat keimanan manusia. Pada mereka yang sabar Allah menjanjikan pahala tanpa batas, seperti yang difirmankannya dalam surah Az Zumar ayat 10 ”Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala tanpa batas” (QS. Az Zumar:10)

Memang tingkat cobaan seseorang berbeda, namun jika kita bersabar tentu lebih baik. Nabi SAW bersabda,” Sesungguhnya besarnya pahala itu bergantung besarnya ujian. Jika Allah mencintai suatu bangsa, maka Allah menguji mereka. Sehingga siapa saja yang ikhlas, maka Allah akan meridhainya dan siapa yang marah, maka Allah akan memurkainya.” (HR.Tirmidzi).
Abu Yahya Shuhaib bin Sinan ra. Menerangkan bahwa Rasulullah SAW, bersabda “ orang mukmin itu menakjubkan, jika segala urusanya sangat baik baginya, dan itu tidak akan terjadi pada seseorang yang beriman, kecuali jika mendapatkan kesenangan dia bersyukur, maka yang demikian itu sangat baik, dan jika ia mendapatkan kesusahan ia bersabar, maka yang demikian itu sangat baik baginya. (HR.Muslim)

Begitu banyak hadist dan ayat Al qur’an yang menerangkan tentang sabar. Yuuk perbaiki diri sobat, agar kata yang muncul pertama kali saat kita tertimpa musibah adalah kalimat-kalimat baik, bukan cacian dan umpatan. Semoga bermanfaat.


Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon