Makanan Thailand Yang Ngangenin

Ternyata ada rasa kangen juga, padahal sebelumnya merasa nggak betah untuk tinggal lama di negara yang tidak dimengerti sama sekali bahasanya. Penyebab utama mungkin karena dapat kesempatan tinggal beberapa bulan di Thailand, jadi agak terbiasa dengan beberapa jenis makanan yang ada disana. Istilah jawanya wiwiting tresno jalaran soko kulino , eh ini makanan lho hehe. So, makanan yang dikangenin apa aja ya?


1.      Tom Yam
Terdengar tidak asing bukan. Semacam sayur yang berisi berbagai racikan bumbu dan isi yang digunakan biasanya seafood. Rasanya pedas dan asam. Segar sekali jika kita bisa menikmati disiang hari. Kisaran harga 50-100 THB.
                                                         Masterresep.com
2.      Cha Yen
Cha Yen merupakan minuman yang terbuat dari teh kental (pekat), gula dan susu hampir mirip dengan teh tarik, namun warnanya lebih cerah. Selain itu kita bisa merasakan Cha Yen dengan minuman Cha lainnya yang tidak kalah enaknya. Diantaranya Cha Ciao (Teh hijau dan susu), Cha Coco  (susu dan coklat). Satu porsi minuman Cha biasanya dihargai 20-30 THB.
                                           www.penangfoodforthought.com
3.      Ayam Goreng
Ayam goreng? Nggak salah? Ayam goreng kan juga ada di Indonesia, kenapa harus jauh-jauh di Thailand?
Eits jangan salah, kenapa disini saya menambahkan ayam goreng sebagai salah satu jenis makanan yang ngangenin. Penjual ayam di Thailand biasanya merangkap sebagai penjual ayam goreng, jadi ayam yang di goreng bisa dipastikan kesegarannya (bukan ayam kemaren). Kita bisa membeli ayam dan nasinya sekaligus ataupun bisa juga hanya ayam gorenganya saja. Nasi pelengkapnya disebut dengan puluk (kalau di Indonesia semacam ketan putih, namun teksturnya agak keras) dan biasanya diberi tambahan bawang goreng di atasnya. Kita bisa menikmati lezatnya ayam goreng dengan harga 20-30 THB.

4.      Sosis
Jika di Indonesia, kita hanya bisa menemukan sosis yang dijual dalam plastik atau toples, namun di Thailand kita bisa menjumpai banyaknya penjual sosis bermacam rasa di pasar ataupun di samping samping jalan (warung khusus yang menjual sosis) dengan rasa saus yang sangat enak. Kita bisa merasakan lezatnya sosis dengan harga 5-20 THB setiap tusuknya, tergantung dari jenis dan ukuran sosis yang kita pilih.
Aneka rasa sosis Thailand
 Gimana? apa makanan Thailand yang sobat kangenin saat ini? ^_^


Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon