Bunku Kopyor, Makanan Takjil Khas Gresik

Alhamdulillah sudah hari ke 15 ramadhan. Bagaimana kabar puasanya? semoga masih tetap semangat ya.
femina.co.id
Berbicara soal bulan ramadhan, tentu tidak akan terlepas dengan banyaknya penjual makanan  musiman yang biasanya memenuhi sepanjang jalan. Jenis makanan yang dijualpun beragam. Diantaranya kolak pisang, kurma, kue basah, kue kering, es manado, es campur, beras kencur, sosis bakar, lauk pauk yang sudah matang dan berbagai jenis makanan lainnya.



Bungku kopyor satu diantara makanan yang dijual pada waktu ramadhan. Bungku kopyor merupakan makanan takjil khas gresik yang dapat kita temukan disepanjang jalan selama bulan ramadhan. Makanan ini terdiri dari berbagai macam kompisisi antara lain tepung beras, tepung sagu mutiara, santan kelapa, roti tawar, kelapa muda, nangka dan pisang. Biasanya makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang, tentu lebih sehat jika dibandingkan dibungkus dengan plastik. Untuk harga yang dipatok cukup terjangkau bekisar Rp.8000-Rp.10.000.

Bungku kopyor sangat enak dinikmati untuk hidangan berbuka puasa dan dalam keadaan dingin. Rasanya yang manis bersantan
menjadikan makanan ini agak mirip dengan kolak. Bungku kopyor Gresik yang terkenal berasal dari daerah Mengare. Jika sahabat sekalian sedang berkunjung atau berada di Gresik bisa mencicipi makanan jenis ini. Meskipun makanan ini merupakan makanan tradisional khas Gresik, namun untuk membawa makanan tersebut sebagai oleh-oleh tentu harus dipikirkan lagi. Kecuali jika jarak rumah kita tidak lebih dari 2 jam, insya Allah masih bisa dinikmati a.k.a tidak basi.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon