Selain Bunga Sakura, di KRC Ada Apa Saja ? (1)

Kebun Raya Cibodas (KRC) merupakan kebun raya selain Kebun Raya Bogor (KRB) yang dimiliki kota Bogor. KRC terletak di kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Cianjur-Jawa Barat merupakan kompleks wisata yang berada di kawasan puncak.

Ketertarikan saya dengan KRC diawali dengan adanya informasi tentang bunga sakura yang sedang berbunga di bulan Januari ini. Setelah sampai di KRC, tidak hanya bunga sakura saja yang menawan, ternyata KRC menyediakan berbagai pemandangan alam yang menakjubkan, ini diantaranya:

Mau kemana dulu?
Air terjun
Di area Kebun Raya Cibodas terdapat 2 air terjun, Cibogo dan Ciismun. Air terjun Cibogo adalah air terjun pertama yang saja jumpai setelah melalui taman sakura. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter berada di ketinggian 1675 mdpl. Aliran dari Air terjun mengalir diantara taman sakura dengan sebuah jembatan kecil diantara taman tersebut.
Air Terjun Cibogo
Taman Liana
Setelah menikmati indahnya air terjun, perjalanan kami lanjutkan ke Taman Liana yang hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menemukan tempat tersebut. Taman Liana menyediakan beberapa jenis bunga yang menawan yang ditata sedemikian cantik dengan aliran air pegunungan yang mengalir. Indah, istilahnya tempat yang istagramable banget. Tidak jauh dari Taman Liana, terdapat pepohonan yang masuk dalam koleksi tanaman obat. Ada berbagai jenis tanaman obat, satu diantaranya dari jenis Disoxylum sp.
Taman Liana

Perjalananpun kami lanjutkan untuk mencari air terjun Ciismun. Dalam perjalanan kami banyak disuguhkan pohon-pohon rindang yang sangat besar dan tinggi, kemungkinan berumur ratusan tahun. Di sepanjang jalan terdapat banyak  papan peringatan akan bahaya pohon yang tumbang, jadi kami harus tetap berhati-hati.
Hati-hati pohon tumbang

Kolam Besar
Setelah dari barisan pepohonan yang menawan, kami disuguhkan dengan  pemandangan yang tak kalah indahnya. Sebuah kolam air mancur besar yang berada di tengah-tengah padang rumput lengkap dengan pegunungan berkabut sebagai backgroundnya. Ditambah dengan suasana sejuknya udara pegunungan yang segar.
Tempat yang cocok untuk bersantai

Banyak pengunjung yang menjadikan padang rumput tersebut untuk foto-foto, piknik, berkumpul dengan keluarga ataupun mengadakan suatu acara lainnya. Bagi pengunjung yang ingin menikmati indahnya padang rumput atau untuk sekedar berkeliling dapat juga menyewa kuda yang sudah standby di sekitar padang rumput. (Lanjut bagian 2)

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon