TEMPAT “SEMEDINYA” ANAK IPB

Semedi? Cari wangsit?... eh tunggu dulu. Ini nggak berkaitan dengan klenik ko’. Sangat jauh dan berbeda sekali. Yups.. semedi disini saya artikan menyendiri di tengah keramaian.

Danau di sekitar perpustakaan


Salah satu tempat semedi yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa IPB adalah PERPUSTAKAAN. Lho ko’? Iya,, Perpustakaan. Tempat paling nyaman saat ini. Kenapa disebut menyendiri? karena di perpustakaan kita seakan-akan sendiri, fokus pada buku ataupun tugas masing-masing tanpa adanya obrolan antar pengunjung perpustakaan.

Selain itu, ini nih alasan kenapa perpustakaan menjadi tempat semedinya anak ipb:

Open acces
IPB memiliki akses untuk jurnal jurnal internasional. Diantaranya EBSCOhost, Science Reference Center, Gale CENGAGE Learning, Science Direct, ProQuest, Scopus, cabdirect, IEEE, BMIResearch dan Microsoft Academic Search. 

Untuk E-book IPB bekerjasama dengan Columbia University Press, Global Professional Publishing, University Of California Press, Liverpool University Press, Princeton University Press, EBSCOhost, Wiley Online Library, Mc Graw Hill Education, Cambrige University Press, CABI, IET dan iG library.

Mahasiwa dapat mengakses jurnal atau ebook pada situs-situs tersebut. Namun ada beberapa jurnal yang tidak open acces, sehingga mahasiswa harus mendaftar terlebih dahulu dan kemudian jurnal tersebut nantinya bisa di acces dimanapun. Jika belum terdaftar , harus mengakses jurnal tersebut dikampus/perpustakaan.

Buku
Tentu saja buku menjadi pemandangan utama yang terlihat dari perpustakaan. Perpustkaan ipb menyediakan ribuan buku yang bisa dijadikan referensi untuk penulisan tugas ataupun untuk hal lainya.
Mau baca buku apa?

Wifi
Hal yang tidak diragukan lagi. Menggunakan tethering wifi di kos kadang memerlukan waktu yang lama, loading lah, paketan habislah dan parahnya nggak ada sinyal di kos #duh. So, pilihan paling tepat  ya perpustakaan.

Kantin
Banyaknya tugas yang harus diselesaikan menyebabkan mahasiswa bisa berada di dalam perpustakaan dari pagi sampai malam hari. Tapi dengan keberadaan kantin akan sedikit membantu dalam pemenuhan logistik

Tempat Sholat
Tempat sholat berada di dalam perpustakaan, jadi mahasiswa bisa melaksanakan kewajibanya segera mungkin dan tentunya tidak membutuhkan banyak waktu untuk sekedar mencari masjid/mushola di luar.

Suasana Nyaman
Kawasan pepustakaan dikelilingi danau dan pohon-pohon cemara. Sehingga dapat menjadi pemandangan yang sekilas mengalihkan pandangan mata yang penat dari layar monitor dan buku-buku yang menumpuk untuk dibaca

ATM
Di depan perpustakaan terdapat mesin ATM yang stand by kapan saja dibutuhkan. Memberikan kemudahan jika mahasiswa untuk melakukan transaksi keuangan.

Perpustakaan IPB buka setiap hari kecuali hari Minggu dan tanggal merah. Hari Senin-Jum’at buka mulai jam 08.00-21.00 WIB, hari Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB. Diperpustkaan juga tersedia  loker, jadi tas dan barang – barang yang tidak memungkinakan dibawa ke dalam perpustakaan akan aman ditinggal.

So, mau menghabiskan waktu seharian di kampus? BISA. Perpustakaan tempatnya

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon