WIS-UDA=SELESAI

Kamu kapan wisuda? #eeh. Pertanyaan ringan namun menimbulkan beban perasaan yang sangat berat bagi yang ditanya. Pertanyaan yang dapat menimbulkan efek buruk bagi mereka yang mungkin akan membuat mood semakin hilang, mulai menghindari pertemuan-pertemuan yang memungkinkan akan ditanya tentang skripsi atau wisuda, berkurangnya semangat dan bahkan ada perasaan tidak suka terhadap sang penanya. So, cukup berikan semangat saja ya, tanpa bertanya kapan akan diwisuda.hee

Mau boneka yang kecil atau yang besar juga ada
Alhamdulillah pagi ini saya berkesempatan datang disalah satu moment berharga seorang teman yang hari ini wisuda. Wisuda di IPB biasanya diadakan di gedung Grha Widya Wisuda, tempat yang sama saat awal verifikasi berkas masuk kuliah.

Sekilas tentang wisuda di IPB. Wisuda umumnya diadakan di hari Rabu dan dilaksanakan hampir setiap bulan sekali. Dalam 1 tahun akan berlangsung kurang lebih 8 kali wisuda. Banyak bukan? Kalau menurut saya pribadi iya. Karena ada beberapa kampus yang menggelar prosesi ini setahun 2 kali atau mungkin 1 kali.

Kalau biasanya sering melihat rangkaian bunga dari plastik. Di IPB para penjual buket bunga asli berjajajar memenuhi area depan, samping GWW. Harga yang dibandrolpun bermacam dari yang pertangkai Rp. 5.000 sampai buket besar yang harganya ratusan ribu. Selain bunga, tersedia juga boneka wisuda, buket bunga dari kain flanel dan beberapa souvenir lainnya.
Bunganya asli lho
Dalam bahasa jawa arti dari WIS adalah selesai, dan UDA/sudah juga berarti selesai. Wisuda menjadi momen terakhir bagi seorang mahasiswa yang telah selesai menempuh perkuliahan. Menjadi momen yang mungkin terlihat sebagai seremonial, namun ianya menjadi persembahan berharga untuk kedua orang tua. Menjadi bentuk rasa terima kasih kepada orang tua atas segala pengorbanan mereka selama ini. Menjadi bentuk penghargaan untuk diri sendiri atas segala perjuangan yang telah dilalui.

Perjuangan ketika harus begadang semalaman mengerjakan tugas, perjuangan harus mengejar ketertinggalan materi kuliah, perjuangan untuk mengerjakan penelitian, menemui dosen pembimbing dan perjuangan lain yang terlewati. Dan dari itu semua, perjuangan untuk bisa menyelesaikan studi itu kini telah usai. Berganti dengan perjuangan baru yang menanti. Semoga teman-teman yang saat ini wisuda diberikan keberkahan untuk ilmunya dan untuk para pejuang skripsi, Ganbatte ne.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon