Berbuka dengan Nasi Liwet

Berbukalah dengan yang manis,.... , seperti slogan yang sering dikeluarkan oleh salah satu perusahaan minuman :),  namun kali ini saya tidak berbuka dengan minuman tersebut, melainkan dengan nasi liwet Sunda. Jenis makanan yang baru pertama kalinya saya coba. Sempat terlintas, jika nasi liwet rasanya akan sama dengan nasi tim dari Jawa, sehingga tidak tertarik untuk membeli ataupun mencoba. Namun karena ada acara buka bersama, secara tidak langsung dapat merasakan betapa enaknya nasi liwet itu. Lebay :)
Nasi liwet uenak  (pict by ResepAsik.com)

Nasi liwet sendiri memiliki beberapa jenis, dua diantara yang terkenal adalah nasi liwet Sunda dan Solo. Nasi liwet Sunda dan Solo memiliki perbedaan dari cara memasak. Untuk nasi liwet Sunda dimasak dengan mencampurkan berbagai bahan ke dalam beras yang akan dimasak. Beberapa bahan campuran antara lain ikan teri (bisa juga ikan asin, ikan peda), serai, daun salam, cabai, bawang merah, bawang putih, garam dan kemangi (atau bisa menambahkan bahan lainnya sesuai selera). Semua bahan selanjutnya ditumis dan dicampurkan saat memasak beras dengan menggunakan air putih biasa.

Nasi liwet sunda  dapat dinikmati dengan menambahkan lauk pelengkap pilihan seperti ikan goreng, ayam goreng, sambal, tempe, tahu ataupun lauk simple seperti kerupuk saja sudah cukup untuk menemani seporsi nasi liwet. Makanan jenis ini dapat ditemui di banyak rumah makan Sunda.

Berbeda dengan nasi liwet Sunda, nasi liwet Solo dimasak dengan menggunakan santan kelapa , daun salam, serai dan garam (bisa berbeda untuk bahan lainnya sesuai dengan selera), jadi untuk rasa mirip dengan nasi uduk Betawi. Jika nasi uduk yang biasa dijual disajikan dengan sambal, kacang goreng, orek tempe, kerupuk, perkedel dan suwiran telur  dadar, nasi liwet Solo disajikan dengan lauk yang berbeda. Lauk pendamping yang disajikan untuk menikmati nasi liwet Solo biasanya terdiri dari ayam suwir, sayur labu siam, telur rebus dan telur areh (campuran dari putih telur, santan dan garam).

Penasaran dengan rasa nasi liwet? bisalah dicoba masak sendiri di rumah :)

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon