Di sini, Pembuatan E-KTP Hanya 1 Minggu

Ada yang belum punya E-KTP? E-KTP, dokumen yang wajib dimiliki semua warna negara. Namun sayangnya, sampai saat ini banyak dari rakyat Indonesia belum memiliki kartu tersebut. Di sebagian daerah pembuatan E-KTP dapat memakan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan, sementara di daerah lain tidak lebih dari 1 bulan bahkan kurang. Salah satu contohnya teman saya yang kehilangan E-KTP di Bogor, kemudian meminta keluarga yang di daerah asal untuk menguruskan E-KTP baru, ternyata dalam waktu 1 minggu E-KTP baru tersebut sudah ia dapatkan. Ada juga teman lainnya yang sudah melakukan perekaman data E-KTP, namun setelah 1 tahun E-KTP nya belum juga didapatkan. Lama tidak nya pembuatan E-KTP memang berbeda dari tempat satu dengan tempat lainnya. Perbedaan bisa saja karena sistem birokrasi yang berbeda dari setiap daerah, bagus tidaknya sistem administrasi daerah tersebut, blanko E-KTP yang langka ataupun beberapa alasan lainnya.

Pict.by rmolsumut.com


Alhamdulillah saya sendiri mulai mendapatkan E-KTP sejak tahun 2012. Pada saat itu pencantuman masa berlaku masih dihitung 5 tahun kemudian. Tepatnya tahun 2017 masa aktif E-KTP saya sudah habis. Perpanjangan masa berlakupun saya lakukan, namun pihak kecamatan menginformasikan bahwa masa berlaku E-KTP otomatis berganti menjadi seumur hidup, meskipun di E-KTP tersebut masih tertera masa berlaku berakhir tahun 2017.

Tahun ini, salah satu kemudahan yang diberikan oleh IPB adalah pengurusan E-KTP untuk pegawai IPB dan para mahasiswa  melalui program warung E-KTP. Baik yang ingin melakukan pengurusan E-KTP baru, perubahan data, cetak E-KTP (data sudah terekam) termasuk pengurusan E-KTP karena hilang. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari, tanggal 30-31 Mei 2018. Untuk mahasiswa yang baru mengurus E-KTP dilakukan sebelum tanggal tersebut, sehingga pada tanggal 30-31 Mei 2018 E-KTP sudah jadi. Pengurusan E-KTP dilakukan di gedung GRAWIDA (Graha widya wisuda). Karena ingin memastikan bahwa masa berlaku E-KTP saya sudah berganti menjadi seumur hidup, sayapun ikut mendaftar.


Formulir pelayanan E-KTP
Setiap peserta yang mendaftar menerima pemberitahuan melalui SMS, sementara jadwal dan ketentuan layanan E-KTP melalui email. Berdasarkan isi pemberitahuan terdapat 1127 pendaftar. Oleh sebab itu, setiap peserta yang terdaftar harus datang sesuai waktu yang ditentukan. Satu hari dibagi menjadi 3 sesi. Dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB sesuai dengan kode setiap fakultas.

Berikut saya sertakan ketentuan peserta layanan E-KTP:
1. Memperlihatkan SMS pemberitahuan kepada petugas
2. Setiap pendaftar wajib hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan (karena jumlah pendaftar sangat banyak, menghindari kemungkinan ricuhnya suasana jika yang hadir tidak sesuai jadwal)
3. Setiap pemohon wajib membawa fotocopy Kartu Keluarga
4. Bagi pemohon perubahan data pada E-KTP wajib membawa bukti pendukung yang berkaitan dengan data yang akan diubah. Misalnya:
-Perubahan status perinikahan, wajib melampirkan foto kopi buku nikah (membawa buku nikah asli juga)
-Perubahan alamat pada E-KTP, wajib menyertakan surat keterangan dan KK
-Perubahan status pekerjaan. Misalnya PNS, wajib melampirkan Sk pengangkatan PNS
-Membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian jika E-KTP hilang
Dan beberapa ketentuan lainnya. Jika ingin menanyakan hal yang kurang jelas peserta dapat menghubungi panitia penyelenggara melalui nomer yang disediakan.

Semoga warung E-KTP diadakan kembali tahun depan. Sehingga bagi teman-teman yang belum memiliki E-KTP  atau pengurusan lainnya yang berhubungan dengan E-KTP, dapat mengurus dengan mudah tanpa menunggu waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon