Malam 21, 1439H

Tags

Tak terasa kita sudah berada di 10 hari terakhir bulan ramadhan, waktu terasa singkat bukan?. Sepertinya baru kemarin kita berdo'a agar dipertemukan dengan ramadhan, kemudian Allah mempertemukan kita dengan bulan mulia ini dan hingga saat ini kita berada diujung bulan yang sebentar lagi akan meninggalkan kita.

Masjid Al Hurriyah IPB (pict by hellobogor.com)

Di 10 malam terakhir ini, umat muslim akan melakukan i'tikaf di masjid. I'tikaf merupakan berdiam diri di dalam masjid dengan tata cara khusus disertai dengan niat. Di dalam 10 malam tersebut terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan (Lailatul Qadr). Oleh sebab itu Rasulullah mencontohkan dengan melakukan berbagai amalan melebihi waktu-waktu sebelumnya.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَجْتَهِدُ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مَا لاَ يَجْتَهِدُ فِى غَيْرِهِ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR. Muslim)

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar: 3-5)

Beberapa masjid memiliki jadwal khusus untuk menarik jamaah dengan agenda i'tikaf ini, seperti halnya masjid Al Hurriyyah. Al Hurriyyah adalah masjid yang terletak di dalam kampus Institut Pertanian Bogor, merupakan salah satu masjid kampus terbesar di Indonesia yang dapat menampung jamaah hingga 5000 orang. Selama bulan ramadhan ini (1439 H) mahasiswa yang tergabung dalam DKM Al Hurriyyah menyediakan kurang lebih 1000 paket berbuka puasa untuk para mahasiswa ataupun masyarakat sekitar yang berbuka puasa di masjid Al Hurriyyah.

AL Hurriyyah memfasilitasi jamaah yang ingin beri'tikaf dengan beberapa program yang diadakan selama i'tikaf antara lain; shalat berjamaah 5 waktu, kajian sore ramadhan, buka bersama ramadhan, kajian tematik tarawih, shalat tarawih, shalat tahajud berjamaah, sahur bersama dan ibadah mandiri. Selain itu, panitia juga menyediakan 300 paket makan sahur bagi peserta i'tikaf.

So, untuk teman-teman yang belum mudik atau penasaran dengan suasana i'tikaf di masjid AL Hurriyah, bisa juga mencoba untuk i'tikaf di masjid Al Hurriyyah ini.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon