Seputar Kampus IPB yang Perlu Kamu Ketahui

Perkuliahan di kampus Institut Pertanian Bogor akan segera dimulai, berikut beberapa hal seputar kampus IPB yang perlu kamu ketahui:

1. Fakultas
Kenali lokasi kelas atau fakultas yang dipilih. Beberapa fakultas seperti Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Peternakan (FaPet), Perikanan dan Ilmu Kelautan (Fpik) berada cukup jauh dari gerbang utama kampus, tidak cukup jauh jika menggunakan kendaraan. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, menuju lokasi tersebut dapat menggunakan bus kampus, moli (mobil listrik) atau ojek. Saat ini jika ingin menggunakan bus kampus, gratis, setelah sebelumnya membayar Rp 1.  Sedangkan tarif ojek mulai dari Rp 5000 / lebih.

Pic by. ipb.ac.id
2. Kelas
Beberapa ruangan memiliki bentuk yang sama, bahkan jika tidak hafal letak kelas akan sering kesasar  ke fakultas lain. Hal ini karena antar departemen dalam satu fakultas atau antar fakultas memiliki tipe bangunan yang sama. Pembeda utama antar fakultas bisa dilihat dari warna cat fakultas (Misalnya FPIk warna biru muda, peternakan warna coklat dll). Jika kamu mahasiswa baru, pastikan menghafal jalan yang dilewati agar tidak mengalami kebingungan ketika mau keluar atau menuju kelas. Beberapa teman yang saya kenal baru hafal letak kelas setelah 3 minggu bahkan lebih atau juga satu hari langsung hafal tergantung letak kelas.

3. Sehat Jasmani :)
Pastikan kita memiliki badan yang sehat. Hampir setiap fakultas memiliki bangunan  4 lantai atau lebih. Posisi kelas yang di tuju bisa saja terletak pada lantai 1 bahkan lantai 4. Untuk menuju kelas tidak ada fasilitas lift sehingga harus ditempuh dengan jalan kaki menaiki tangga tersebut. Jadi jangan sampai telat masuk kelas ya, bisa jadi kamu akan lari maraton mulai dari tangga pertama sampai tangga yang di tuju (lumayan, sekalian olahraga :D ). Untuk lift hanya ada di fakultas peternakan dan teknologi pertanian.

4. Dosen pengajar
Setiap mata kuliah yang diajar, akan memiliki 1, 2 bahkan 5 dosen pengajar. Hal ini sesuai dengan bidang keahlian sang dosen. Misalnya saja mata kuliah nutrisi ikan. Di dalam mata kuliah tersebut akan ada beberapa sub tema yang akan diajarkan. Misalnya protein, mineral, vitamin, lemak,  dan karbohidrat. Sehingga kemungkinan besar akan ada 5 dosen pengajar.

5. Bawa payung
Bogor terkenal dengan kota hujannya. Tentu ada alasan kenapa mendapat julukan tersebut, yaitu tersebab curah hujannya yang lebih tinggi dari kota lain. Oleh karena itu, membawa payung menjadi sebuah keharusan. Sebaiknya membeli payung yang bagus sekalian, agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Jika membeli kualitas yang biasa, bisa saja satu semester sudah rusak/cepat ganti.

6. Tugas kuliah
Kuliah tanpa tugas bagaikan sayur tanpa garam, eh :). Setiap mata kuliah yang diambil memungkinkan akan memberikan tugas kuliah pada minggu yang sama dan harus dikumpulkan pada minggu berikutnya, atau bisa saja dikumpulkan esok harinya. Maka bersiap-siaplah  dengan tenaga dan fikiran untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut tepat waktu :). Karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan, ada celetukan dari beberapa teman "keinginan sederhana seorang mahasiswa  yaitu tidur, bukan nonton di bioskop ataupun jalan-jalan". So, be tough guys.

Beberapa hal seputar kampus IPB di atas merupakan opini atau pengalaman pribadai yang saya alami. Semoga bermanfaat

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon