Tips Memilih Kos di Sekitar IPB Dramaga

Salah satu yang membuat betah seseorang untuk  tetap berada di daerah baru adalah tempat tinggal yang nyaman. Begitupula dengan para pelajar yang pertengahan tahun nanti akan memulai tahun ajaran baru, termasuk diantaranya para mahasiswa yang akan mulai merantau untuk melanjutkan kuliah yang tentu saja memerlukan tempat tinggal baru atau kos-kosan.

Institut Pertanian Bogor (IPB), merupakan salah satu PTN yang memiliki mahasiswa tidak hanya dari berbagai provinsi di Indonesia melainkan juga luar negeri. Jumlah mahasiswa baru yang masuk  setiap tahunnyapun ribuan. Sehingga di sekitar kampus IPB banyak terdapat kos-kosan. Agar nantinya tempat tinggal yang dipilih sesuai dengan yang diinginkan, berikut beberapa tips memilih kos-kosan di sekitar kampus IPB dramaga.

Kos di Dramaga
1. Harga
Menjadi salah satu faktor penting penentu dipilihnya lokasi. Semakin dekat lokasi tempat tinggal dengan kampus maka semakin mahal harga sewa yang ditawarkan. Selain itu, mudah di akses tidaknya lokasi kos, luas kamar, fasilitas, kos dekat dengan lokasi penjual makanan, dekat dengan pusat perbelanjaan dan berberapa hal lainnya yang mempengaruhi harga sewa.  Pastikan juga kepada pemilik kos, apakah ada biaya tambahan lain selain harga sewa kos. Misalnya kebersihan, listrik, keamanan, wifi dan lain sebagainya.

Jika memilih tempat tinggal jauh dari kampus, beberapa hal akan menjadi pertimbangan. Seperti ke kampus akan membawa kendaraan pribadi atau naik angkot. Di sekitaran kampus IPB Dramaga biasanya sering terjadi kemacetan, bahkan seringkali sangat macet. Sehingga jika memutuskan menggunakan kendaraan harus ada pertimbangan mengenai waktu. Selain itu akan menambah pengeluaran lain untuk bahan bakar/ongkos angkutan umum selain pengeluaran uang untuk tempat tinggal.

Sistem pembayaran kos ada yang pertahun dan perbulan. Satu kamar dapat juga digunakan untuk dua orang. Jika baru pertama kali ke Bogor dan belum memiliki teman kenalan, sebaiknya memilih yang perbulan. Jika perkuliahan sudah mulai berjalan, bisa rombongan mencari tempat tinggal baru sehingga harga sewa lebih murah.

2. Keamanan
Faktor penentu ke dua. Pastikan tempat tinggal yang dipilih aman dari pencuri. Beberapa kejadian pencurian motor, laptop dan barang-barag berharga lainnya terjadi di kosan mahasiswa. Jumlah yang dicuripun tidak tanggung-tanggung, 2-3 motor setiap kosnya. Bisa saja semua motor yang terdapat di kosan tersebut. Jadi, harus diperhatikan sistem keamanan tempat tinggal. Mulai dari ada tidaknya kunci pagar, kunci pintu, petugas keamanan dan faktor keamanan lainnya.

3. Fasilitas
Tentu saja fasilitas yang tersedia menjadi pertimbangan. Misalnya saja kita berencana memasak makanan sendiri. Sehingga ketersediaan dapur di kosan tersebut menjadi alasan dipilihnya kos. Ketersediaan air mandi yang lancar, sehingga tidak mengganggu ketika ingin mandi ataupun mencuci pakaian. Lokasi jemuran pakaian apakah akan sendiri perkamar atau beramai-ramai bergantian. Kamar mandi dalam atau kamar mandi luar. Bocor tidaknya kamar jika hujan. Fasilitas lainnya seperti ada tersedia tidaknya tempat tidur, lemari, kulkas, TV, kipas angin atau AC, meja belajar dan beberapa fasilitas lainnya.

4. Suasana
Terkenal dengan kota hujannya. Menjadikan beberapa tempat di kota Bogor lembab. Pastikan tempat tinggal yang dipilih tidak lembab serta tidak mudah berdebu. Sehingga tidak memerlukan usaha ekstra untuk membersihkan tempat tersebut.

5. Lokasi
Beberapa lokasi kos yang terkenal di sekitaran kampus IPB Dramaga antara lain Badoneng (Babakan doneng), Bara (babakan raya), Bateng (Babakan tengah), Balio (Babakan lio), Balebak (Babakan lebak) dan Perwira. Badoneng terletak di depan gerbang utama IPB, dekat dengan klinik kesehatan. Bara dan Bateng berada di samping kampus IPB. Lokasi ini yang paling strategis, karena letaknya mudah dijangkau (ada jalan yang langsung terhubung dari kampus ke Bara melalui Jl. Berlin).  Selain itu merupakan pusat berjualan makanan, pakaian, buku, perlengakpan elektronik, kebersihan dan perlengkapan lainnya. Juga terdapat beberapa bank dan atm di wilayah tersebut.
Balio dan Balebak berada pada jalur terusan dari Bara. Banyak terdapat penjual makanan di daerah ini, namun tidak seramai di Bara. Perwira terletak di depan kampus, tepatnya berseberangan dengan gedung Grawida (Graha widya wisuda), lokasi yang sama ramainya dengan bara.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon