8 Oleh-Oleh Kota Pudak ini Wajib Kamu Coba

Banyak julukan diberikan untuk kota ini diantaranya Gresik kota industri, Gresik kota santri dan Gresik kota pudak. Pudak merupakan jenis jajanan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Gresik. Untuk lebih lengkapnya, berikut oleh-oleh atau kuliner khas Gresik yang dapat kamu coba:

pict by bp-guide.id
1. Pudak
Terbuat dari tepung beras, gula, santan kelapa, ada juga pudak sagu yang terbuat dari tepung sagu. Terbagi atas beberapa rasa, original, pandan dan coklat. Jajanan ini dibungkus dengan menggunakan pelepah daun pinang (ope). Biasa dijual dalam bentuk paketan. Satu paket berisi 5-10 buah.
pic by gresikkab.go.id
2. Bandeng
Berbagai macam olahan bandeng dapat dijadikan buah tangan. Jenisnyapun macam-macam mulai dari bandeng tanpa duri, otak-otak bandeng, bandeng presto, bakso bandeng, nugget bandeng dan bandeng asap.

pic by masakandapurku.com
3. Opak
Terbuat dari tepung ketan. Makanan ini, jika di Kabupaten Lamongan hanya ada ketika acara hajatan, namun di Gresik makanan ini dijadikan oleh-oleh. Rasa yang disediakan mulai dari original, pedas, coklat, pandan, dan beberapa rasa lainnya.
pic by opakgresik.blogspot.com
4. Bonggolan
Bonggolan merupakan bahan untuk membuat kerupuk, dibentuk memanjang seperti lontong, biasa dibungkus dengan daun pisang. Terbuat dari tepung terigu, ikan dan beberapa bumbu lainnya. Cara menikmatinya dapat dimakan langsung ataupun digoreng kemudian dicocol dengan saus tomat, kecap atau dapat juga dimakan langsung.
pic by @kulinergresik
5. Bungku Kopyor
Makanan ini banyak dijual ketika bulan puasa sebagai salah satu makanan takjil. Merupakan campuran dari beberapa bahan mulai dari bubur dari tepung terigu, sagu mutiara, nangka, santan, gula merah dan kelapa muda.
pic by femina.co.id

6. Pecel Semanggi
Pecel semanggi berbahan utama daun semanggi sebagai sayurannya. Dinikmati tanpa menggunakan nasi. Satu porsi pecel semanggi hanya terdiri dari sayuran, bumbu pecel dan peyek. Yang berbeda dari pecel semanggi, bumbu pecel terbuat dari ubi jalar bukan terbuat dari kacang tanah dengan tambahan beberapa bumbu pelengkap lainnya
pic by dailywuz.com
7. Nasi Krawu
Makanan khas Gresik dengan lauk suwiran daging sapi atau daging ayam yang telah dibumbu kecap dan berbagai rempah, yang menikmatinya dilengkapi dengan serundeng dan sambal. Dapat diberi pelengkap lain seperti hati sapi goreng, emping dan telor asin.
pic by Idntimes.com
8. Ikan Sembilang
Merupakan jenis ikan laut yang memiliki bentuk mirip ikan lele namun berukuran lebih besar hingga mencapai 3 kg per ekornya . Cara menikmatinya yaitu dengan disayur kuning dengan campuran santan dan berbagai bumbu rempah. Kuliner ini dapat ditemui di pinggir-pinggir jalan di daerah Bungah Gresik. Jika ingin ke benteng Belanda Mengare dapat juga menjumpai kuliner ini yang di jual disebuah warung kecil  di sebelah kiri jalan sebelum jembatan.
pic by sedapkuliner.com
 Kecuali kuliner ikan sembilang, oleh-oleh atau kuliner di atas dapat didapatkan di sekitaran pasar Gresik dan jalan menuju kota Surabaya atau tepatnya di depan Wisma Ahmad Yani Semen Gresik.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon