Bersama Ratusan Pejuang Scholarship

Alhamdulillah akhirnya bisa mengikuti beberapa kegiatan dalam agenda WISH (World Indonesian Scholarship Forum) 2018. Acara yang sangat menarik untuk diikuti, apalagi bagi para pejuang scholarship, termasuk saya :). WISH merupakan agenda  yang diadakan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-73 dan ke-20 Asosiasi Dosen Indonesia  yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dosen Indonesia bersama ngan 20 NGO. Kegiatan ini bertempat di Kompleks KEMDIKBUD RI Senayan Jakarta.

Penjelasan mengenai program 5000 doktor
WISH merupakan forum beasiswa pertama di Indonesia yang terbuka untuk umum, dimana kegiatan ini membahas tentang peluang dan tantangan program-program program beasiswa. Narasumber kegiatan inipun bermacam-macam, mulai dari narasumber dari komunitas/organisasi, pemerintah dan lembaga beasiswa.

Dibagian aula Gedung A lantai 1, panitia telah menyediakan pameran. Di sini kita mendapatkan informasi seputar beasiswa studi, risert, short course, fellowship, student exchange dan beberapa informasi menarik lainnya. Adapun lembaga beasiswa dalam negeri yang hadir diantaranya LPDP RI, KEMENDIKBUD, KEMENRISTEK, KEMENAG, BAPPENAS, Dompet Duafa, BAZNAZ, ICMI, Paragon, Pertamina Foundation, XL Future Leader, Beasiswa Rumah Gadang, Medcom id (OSC), Beasiswa Muhammadiyah dan beberapa lainnya. Sedangkan untuk lembaga beasiswa luar negeri yang hadir antara lain European Union, Kedutaan Amerika Serikat-Education USA, DAAD, Kedutaan Rusia, lembaga beasiswa Korea Selatan, Kedutaan Jepang, Kedutaan Swiss dan beberapa lembaga beasiswa lainnya.
Salah satu stand NGO Denmark

Panitia juga menyediakan kegiatan scholarship workshop antara lain tips dan tricks persiapan aplikasi beasiswa, self development strategy, workshop IELTS and TOEFL preparation serta seminar dan presentasi dari lembaga-lembaga pemberi beasiswa. Selain itu di lokasi aula yang berbeda terdapat juga scholarship supermentor yang terbagi menjadi beberapa kegiatan diantaranya motivasi beasiswa oleh penulis buku negeri 5 menara (Ahmad Fuadi) dan CEO Infonesia (Ihsan Fadhlur Rahman), mentoring dan talkshow inspiratif dari beberapa tokoh sukses antara lain dari Radyum Ikono (founder sahabat beasiswa), Budy Sugandy (founder Klikcoaching.com), Fardhan Adamy (beasiswa Eiffel) dan beberapa tokoh inspiratif lainnya.

Menarik bukan? Sayangnya saya hanya dapat mengikuti 3 diantara kegiatan menarik di atas. Terbatasnya kuota masing-masing kegiatan menjadi salah satu penyebabnya. Semoga saja tahun depan masih ada kegiatan seperti WISH sehingga masyarakat Indonesia khususnya para pelajar dapat memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang NGO pemberi beasiswa yang ada di Indonesia dan luar negeri.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon