Indonesian Cuisine: Karedok, Ketoprak, Gado-Gado

Tags

Indonesia tidak hanya memiliki budaya yang beragam melainkan kulinernya. Karedok, ketoprak dan gado-gado merupakan sebagian kecil jenis kuliner yang biasanya terdapat di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Untuk gado-gado, makanan ini banyak kita temui di beberapa daerah selain wilayah Jabodetabek. Ketiga jenis kuliner tersebut memiliki bahan utama lontong dan berbumbu kacang tanah. Pengin tahu perbedaan makanan tersebut, let's check this out:

1. Karedok
Pertama kali saya mengira karedok merupakan jenis makanan dengan rasa kare :), ternyata bukan sama sekali. Kacang tanah, kencur, cabai dan asam menjadi bumbu yang digunakan dalam makanan ini. Sayuran yang digunakan irisan kacang panjang, terung, kol, tauge, wortel, daun kemangi dan mentimun. Makanan ini memiliki rasa yang segar karena sayuran yang digunakan semuanya masih segar tanpa direbus. Di Aceh, makanan jenis ini sering digunakan dalam acara selamatan/kenduri atau sebagai menu makan sehari-hari.

Pict by food.detik.id

2. Ketoprak
Ketoprak, jika di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah lebih dikenal dengan jenis kesenian daerah semacam pentas drama. Namun di daerah Jawa Barat, dikenal dengan salah satu jenis kuliner. Bumbu yang digunakan hampir sama dengan karedok, perbedaanya hanya pada kencur. Jika ketoprak tidak menggunakan kencur melainkan bawang putih. Makanan ini menggunakan campuran lontong, tahu, kol, tahu, tauge, bihun, bawang goreng, kecap, seledri dan kerupuk.
Pict by nibble.id

3. Gado-gado
Dari ketiga jenis makanan ini, gado-gado memiliki rasa yang lebih manis dari pada lainnya, meskipun sebenarnya kita bisa menentukan tingkat kepedasan makanan yang kita inginkan. Bumbu yang digunakan sama dengan ketoprak, namun ada tambahan gula merah/gula aren,  daun jeruk atau perasan air jeruk nipis, beberapa lainnya menggunakan tambahan santan di dalam bumbu kacang. Untuk sayuran yang digunakan terdiri dari irisan tomat, kol, tauge, selada, telor, kentang, tempe, tahu , emping, kerupuk, bawang goreng dan tambahan sayuran lainnya sesuai selera. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang menyukai makanan ini, para pendatang atau orang asing juga menyukai gado-gado dan menyebutnya dengan Indonesian salad.
Pict by resepkoki.id

Tertarik untuk mencoba semua jenis makanan di atas? Atau kamu sudah pernah mencoba karedok, ketoprak dan gado-gado? Kalau pernah, yang mana favoritmu?

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon