Akhirnya, Ke Istana Juga

Ketika kami rakyat biasa memasuki istana :) Lebay. Alhamdulillah, dihari terakhir Istura (Istana untuk rakyat), saya bisa masuk ke istana presiden di Bogor, lebih tepatnya tidak benar-benar masuk istana, melainkan hanya melihat bagian dalam istana dari garis batas yang dipasang oleh panitia.

Istana Kepresidenan Bogor
Antrian untuk memasuki istana dimulai dari gedung Balai Kota.  Peserta yang sudah memiliki tiket bisa langsung masuk ke dalam antrian, bagi yang belum memiliki tiket, dapat langsung regristrasi untuk mendapatkan tiket.
Lokasi antrian pengunjung
Untuk dapat memasuki istana, para peserta diharuskan memakai pakaian yang sopan, bersepatu atau jika memakai sandal harus menggunakan kaos kaki. Banyak peserta yang tidak mengetahui aturan tersebut, sehingga tidak diperbolehkan masuk.

Setiap peserta tidak diperbolehkan untuk membawa handphone. Jika masih membawa, maka petugas akan menyita dan memasukan ke dalam trash bag. Bagi para pengunjung yang ingin mengabdikan moment tersebut, tersedia tukang foto, yang hasil cetakan foto bisa dibayar saat akan pulang. Sebelum masuk ke area istana, para peserta harus melewati pintu detektor untuk memastikan keamanan.

Beberapa petugas memberikan penjelasan seputar bagian-bagian istana dan tentu saja kita hanya bisa melihat dari luar tidak diperbolehkan masuk ke dalam. Setelah keliling istana, selanjutnya para peserta menuju galeri kepresidenan.

Di lantai satu galeri, berdiri patung presiden Indonesia dengan tinggi kurang lebih 2 meter. Mulai dari patung Presiden Soekarno hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di lantai 2, pengunjung akan disuguhkan tentang video kepemimpinan para presiden, foto keluarga, baju kenegaraan dan banyak hal lainnya.

Pendaftaran untuk istura dibuka sejak tanggal 10 September 2018 hingga 14 September 2018.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon