Fitofarmaka dan Istura

Pencarian lokasi pengujian senyawa masih dilakukan. Jika sebelumnya di Balittro informasi pengujian beberapa zat aktif sudah didapatkan, kini pencarian dilakukan untuk pengujian sinamaldehid. Di Balittro pengujian sinamaldehid dilakukan dengan menggunakan daun segar (berbeda, sesuai dengan bahan yang ingin diuji), sedangkan bahan yang saya miliki sudah dalam bentuk kering. Pencarian dilakukan untuk lab yang dapat menguji kandungan sinamaldehid dengan sampel kering (dalam bentuk tepung) dan ekstraksi.

PSBT terletak dibelakang Taman Kencana
Tempat kedua yang saya tuju kali ini PSBT (Pusat studi biofarmaka tropika) yang berada di bekas Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang berada di Taman Kencana No. 3 Bogor.  Lokasi ini dikenal juga dengan IPB science park, berada di area seluas 3,5 hektar . Di lokasi ini terdapat juga galeri tanaman hias asli Indonesia "Indoflowers Gallery".

Saat ini IPB science park difungsikan sebagai pusat tanaman hias, pusat pelatihan dan pusat penelitian produk tanaman. Di dalam area ini juga dilengkapi restoran atau rumah makan serta guest house. Kawasan ini dikenal dengan kawasan elite dengan bangunan-bangunan peninggalan Kolonial Belanda.

Berapa informasi seputar uji fitofarmaka tanaman saya peroleh, namun untuk pengujian sinamaldehid belum bisa dilakukan. Setelah selesai mencari informasi di PSBT, perjalanan saya lanjutkan ke Disparbud (Dinas pariwisata dan kebudayaan) kota Bogor untuk mendaftar di even istana untuk rakyat (Istura) atau disebut juga dengan istana open.

Qadarullah, ketika saya hendak mendaftar, pendaftaran sudah ditutup, kuota terbatas. Namun, untuk bisa menikmati istana untuk rakyat, bisa datang dan mendaftar di lokasi untuk menukar tiket . Istana untuk rakyat mulai dibuka hari ini tanggal 10 hingga 14 September 2018.
Yuuks datang ke Istura

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon