Episode Perkuliahan Mahasiswa Pasca IPB

Perjalanan selama perkuliahan bisa diartikan dengan episode perkuliahan yang harus dilalui semua mahasiswa. Di tinggkat pasca ini umumnya ditempuh hanya dengan 4 semester (4 episode), berikut pendapat saya tentang tahapan episode yang harus dilewati mahasiswa pasca di IPB:

Episode 1
Episode pertama merupakan episode terberat yang dirasakan mahasiswa baru, #umumnya seperti itu. Pada episode ini mahasiswa baru harus menyesuaikan dengan sistem perkuliahan yang bisa saja berbeda dengan sistem perkuliahan di kampus sebelumnya. Selain itu dosen baru (satu mata kuliah bisa saja 2-5 dosen), makanan dan lingkungan baru juga memerlukan adaptasi. Saya sendiripun memerlukan waktu sekitar 1 bulan untuk hafal jalan menuju kelas (beberapa kali nyasar hingga fakutas peternakan dan kedokteran hewan).

Pict by Ahmad fuad_pinterest
Adaptasi pada awal semester tentu saja berbeda setiap orangnya, lebih cepat ataupun lebih lama. Begadang hampir setiap malam untuk mengumpulkan tugas, berangkat pagi untuk perkuliahan keesokan harinya, belajar untuk kuis sebelum praktikum, belajar untuk ujian semester merupakan tanggung jawab wajar setiap mahasiswa. Jadi untuk teman" yang saat ini masih di episode pertama, keep on moving ya.

Episode 2
Episode kedua ini biasanya mahasiswa sudah bisa menyesuaikan dengan keadaan. Selain menjalankan masa-masa perkuliahan, mahasiswa akan dikelompokan menurut lab nya masing-masing sesuai dengan sinopsis yang diajukan pada saat pendaftaran. Setelah pembagian lab, mahasiswa akan memperoleh pembimbing pertama. Untuk pembimbing kedua dan ketiga, ditentukan oleh pembimbing pertama. Pada tahap ini, bimbingan tentang rencana penelitian sudah bisa dilakukan, meskipun belum resmi karena belum ada sk pembimbing

Episode 3
Pada episode ini beberapa mahasiswa pada prodi tertentu sudah menyelesaikan masa perkuliahanya dengan artikan sudah tidak ada perkuliahan. Episode ini mahasiswa akan kosentrasi pada penelitian, mulai dari pembentukan komisi pembimbing (2-3 pembimbing), pengurusan sk pembimbing (dengan masa pengurusan SK 14 hari kerja/bisa lebih), sidkom (sidang komisi), Kolokium (seminar proposal penetian).

Sidang komisi adalah tahapan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa. Pada sidang komisi ini mahasiswa akan mempresentasikan rencana penelitan kepada para pembimbing. Para pembimbing akan memberikan masukan kepada mahasiswa, termasuk didalamnya pergantian judul, perubahan jadwal penelitian dan perbaikan-perbaikan lainnya.

Kolokium, semacam seminar proposal kalau dibeberapa kampus lain. Pada tahapan ini mahasiswa akan mempresentasikan rencana penelitian kepada mahasiswa lainnya, termasuk di dalamnya dihadiri oleh ketua program studi (sebagai moderator) dan para pembimbing.  Kolokium dapat dilakukan jika jumlah mahasiswa yang hadir lebih dari jumlah minimum yang ditentukan (lebih dari 10 peserta). Setelah selesai kolokium, mahasiswa bisa memulai penelitan.

Epidose 4
Episode yang bisa saja menjadi episode terlama atau paling singkat. Paling lama jika hasil penelitan memerlukan pengujian hasil, pengolahan data dan tahapan lainnya. Paling singkat jika mahasiswa sudah menyelesaikan rangkaian penelitian dan penyusunan hasil pada semester 3, bisa saja mahasiswa tidak mengambil semester 4, alias sudah lulus. Semoga penjelasan lebih lengkap tentang episode 4 ini, bisa saya tuliskan di lain kesempatan( setelah saya sudah melaluinya). In syaa Allah.

Lebih lengkap tentang perkuliahan di kampus IPB, klik di sini

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon