Publikasi Ilmiah di IPB? WAJIB

Setiap kampus memiliki persyaratan tertentu untuk syarat kelulusan mahasiswa. Selain tugas akhir skripsi, tesis ataupun disertasi, salah satu persyaratan khusus bagi mahasiswa IPB untuk jenjang S2 dan S3 adalah publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal.

Jurnal merupakan bentuk publikasi ilmiah hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk mahasiswa S2 bisa memilih untuk submitv (upload jurnal)  jurnal nasional atau internasional (tergantung masukan dari dosen pembimbing) namun untuk jenjang S3, harus submit dua jurnal, baik jurnal nasional dan internasional.

Setiap lembaga penerbit jurnal memiliki kriteria khusus dalam penulisan jurnal, memiliki masa review yang berbeda (beberapa diataranya sampai berbulan-bulan bahkan ada yang ditolak karena tidak sesuai dengan ketentuan penerbit) dan tentu saja harga yang berbeda. Semakin tinggi tingkat kredibilitas jurnal yang dituju, bisa saja semakin rumit persyaratan yang diminta dan semakin mahal biayanya (pembayaran biasanya dilakukan jika status jurnal sudah accepted/siap diterbitkan). Bahasa jurnal yang disubmit harus menggunakan bahasa Inggris (untuk jurnal internasional) dan bahasa Indonesia (untuk jurnal dalam negeri, namun beberapa penerbit dalam negeri juga mensyaratkan jurnal berbahasa inggris).

Pict Elsevier.com
Jurnal menjadi persyaratan wajib sebelum mahasiswa melakukan ujian tertutup. Sehingga jika mahasiswa tersebut belum submit jurnal ataupun belum jelas status jurnal yang dikirim, maka mahasiswa tersebut tidak diperbolehkan untuk ujian. Jurnal yang dipublikasikan memiliki sistem penilaian yang berbeda. Jika status submit maka akan mendapatkan nilai B, under review dengan nilai AB dan accepted/publish A (sudah terbit). Nilai tersebut masuk di dalam mata kuliah publikasi.  Jadi para mahasiswa harus mengatur waktu sebaik mungkin untuk submit jurnal. Pencarian informasi tentang jurnal yang di tuju bisa dimulai sejak melakukan penelitian, agar nantinya ketika ujian tertutup status jurnal sudah jelas. Ada jurnal, ada ujian tertutup.

Pada awal tahun ajaran baru, salah satu lembaga kampus (Bogor science club) memfasilitasi mahasiswa baru dengan seminar jurnal. Selain itu, dalam rangkaian dies natalis 55, IPB mengadakan publiexspo di gedung Graha Widya Wisuda. Di dalam expo ini, para peserta bisa mengunjungi stand jurnal bereputasi nasional dan internasional, terakreditasi dan terindex scopus dari dalam dan luar IPB.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberikan informasi kepada mahasiswa akan jenis-jenis lembaga penerbit jurnal yang berhubungan dengan fakultas atau berdasarkan dengan konsen penelitian yang dilakukan. Pada kesempatan ini para pengunjung bisa bertanya banyak hal kepada penerbit tentang persyaratan atau hal lainnya.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon