Ternyata Ini Lho Penyebab Aroma Tanah Pada Saat Hujan


Suka dengan aroma segar pada saat hujan turun? banyak orang menyebutnya dengan aroma tanah. Ternyata ini lho penjelasan secara ilmiahnya kenapa aroma segar dapat terjadi ketika hujan turun.

Pict by valourdigest.om
Aroma segar yang dihasilkan pada saat hujan yang mengenai tanah kering disebut dengan petrichor. Aroma ini muncul karena dua hal. Pertama, akibat dari minyak yang dikeluarkan oleh tumbuhan. Tumbuhan mengeluarkan sejenis minyak yang mudah menguap kemudian menempel pada berbagai permukaan, misalnya pada  bebatuan. Sehingga ketika tetesan hujan mengenai bebatuan tersebut, minyak akan dilepaskan sebagai gas ke udara.

Kedua, aroma tersebut berasal dari senyawa yang disebut geosmin. Senyawa ini dikeluarkan oleh mikroba yang terdapat di tanah, air tawar dan air laut seperti Cyanobacteria sp dan Actinobacteria sp. Geosmin dilepaskan oleh mikroba yang mati, akibat tekanan hujan geosmin akan naik ke udara, sehingga menimbulkan aroma segar.

Selain menyebabkan aroma segar pada saat hujan, geosmin ini ternyata juga mengakibatkan aroma lumpur pada ikan. Di daerah Mengare Kabupaten Gresik Jawa Timur terkenal dengan ikan bandeng tanpa aroma tanahnya. Beberapa jenis ikan yang sering kita jumpai beraroma tanah diantaranya ikan bandeng, lele, mas, nila, mujaer dan beberapa jenis ikan lainnya.

Secara ilmiah aroma tanah pada ikan disebabkan oleh sekelompok fitoplankton alga biru Cyanophyta sp dari jenis Oelasphaerium  sp, Oscilatoria  sp, Anabaena sp, fungi Actynomyces  dan bakteri Streptomyces tendae. Fungi, bakteri dan ganggang hijau biru tersebut akan mengeluarkan senyawa geosmin dan methyl-isoborneol. Senyawa tersebut akan diserap ikan melalui insang ke dalam daging, sehingga mengakibatkan aroma lumpur pada ikan.

**




-Hujan-
Bagi sebagian orang, hujan memberikan ketenangan , rasa haru akibat kenangan, semangat  dan kehidupan, namun bagi sebagian orang hujan juga menimbulkan berbagai perasaan lainnya. Bagaimanapun arti hujan untuk masing-masing orang, di dalamnya selalu ada keberkahan.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon