Ternyata Begini Rasanya Jadi Kurir

Dua hari ini saya memiliki profesi baru sebagai kurir, tepatnya pengantar undangan Kongres FW (Forum Wacana-BEMnya anak pasca). Kami yang tergabung dalam tim humas memiliki tugas untuk mengantarkan undangan ke beberapa prodi (program studi) dan jumlah undangan yang harus kami antar sebanyak 73 undangan berdasarkan julah prodi yang terdapat di IPB.

Surat-surat :)  (Pict bby maduraidirectory.com
Setiap anggota memiliki tugas masing-masing, untuk saya sendiri mendapatkan tugas untuk mengantarkan undangan ke tiga fakulatas, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan 7 prodi, Fakultas Peternakan (Fapet) dengan 2 prodi dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) dengan 7 prodi, total keseluruhan ada 16 prodi.

Fakultas pertama yang saya tuju adalah FKH. Alhamdulillah seorang teman yang berasal dari fakultas tersebut membantu untuk menemani. Prodi yang pertama kami tuju adalah IFO (Ilmu-ilmu faal dan khasiat obat). Karena teman saya berasal dari prodi tersebut maka dengan mudah lokasi Tata Usaha (TU) /Sekretariat IFO bisa ditemukan, prodi ini terletak di lantai 3. Kemudian kami mencari lokasi TU KMV (Kesehatan masyarakat veteriner), bertanya kepada beberapa mahasiswa ternyata lokasi TU tersebut berada di lantai 4.
Berhasil menemukan dua TU dari prodi sebelumnya, perjalanan kami lanjutkan untuk mencari lokasi prodi yang lainnya. Turun ke lantai 3, berputar mencari lokasi prodi, beberapa kali bertanya kepada mahasiswa dan alhamdulillah tuntas untuk semua prodi yang ada di FKH.

Lanjut ke Fakultas Peternakan (Fapet). Hanya ada 2 prodi untuk program Pasca di fakultas ini, ITP (ilmu produksi dan teknologi peternakan) dan INP (ilmu nutrisi dan teknologi pakan). Fakultas ini tepat berada di samping FKH. Karena teman saya ada agenda lain, jadi untuk fakultas ini saya sendirian hunting lokasi TU prodi. Bertanya ke beberapa mahasiswa dan pegawai, memutari lokasi yang sama beberapa kali dan akhirnya ketemu dengan tujuan yang diinginkan. Ruang TU untuk ke dua prodi ini berdekatan, jadi waktu yang saya butuhkan lebih cepat daripada perkiraan saya sebelumnya.

Lanjut ke FPIK (fakultas perikanan dan ilmu kelautan). Jujur, meskipun saya berasal dari fakultas ini, yang saya tahu hanya letak TU  prodi Budidaya Perairan, prodi dimana saya belajar. Ditemani seorang teman yang qodarullah bertemu di persimpangan gedung antara Fapet dan FPIK. Kami mencari lokasi prodi yang paling dekat, bertanya ke beberapa mahasiswa, akhirnya kami menemukan prodi TEK (teknologi kelautan) dan IKL (ilmu kelautan). Ruang tata usaha untuk kedua prodi ini berada pada lokasi yang sama.

Hari pertama menjadi kurir pengantar undangan, sebanyak 10 undangan berhasil kami distribusikan dan undangan yang lainnya saya serahkan ke prodi dihari berikutnya.  Ketiga fakultas yang saya tuju berada dalam satu wilayah, antar fakultas terhubung satu sama lainnya. Pembeda utama dari fakultas-fakultas tersebut adalah dari warna cat setiap fakultas. FKH dengan warna ungu, Fapet warna coklat dan FPIK dengan warna biru. Di awal semester baru, bahkan untuk menuju ruangan kuliah saya sering tersesat ke Fapet dan
FKH.
Kampus IPB tampak dari atas. Hati-hati tersesat bentuk bangunannya sama lho (Pict by Garda Adhikaya_MPKMB53_IPB)

Menjadi kurir? ternyata harus memahami medan yang akan dituju, jika tidak maka akan banyak waktu dan tenaga yang terbuang untuk menuju lokasi yang diinginkan.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon