Ini Dia, Sang Choir Legendaris IPB

Mendung bergelayut, tetesan hujan turun perlahan. Aroma petrichor mulai tercium, semerbak memenuhi udara sekitar. Sayup-sayup terdengar kidung nyanyian, tak jelas iramanya, perlahan, makin kencang, dan sangat kencang kemudian. Seorang teman berceletuk, "Sepertinya suara laptop mb, kalah dengan suara itu. Seraya menunjuk ke arah danau yang tak terlihat, dekat perpustakaan." Memang.

Ah, iya. Itu suara dari seberang sana. Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan kampus Paduan Suara Mahasiswa Agria Swara IPB  (PSM IPB), sedang berlatih, semangat, di tengah rintik hujan sore ini. Beberapa kali saya melewati tempat latihan mereka, berpapasan dengan beberapa anggota yang berjalan cepat, setengah berlari, mencoba memangkas keterlambatan menuju lokasi latihan. 
PSM Agria Swara IPB saat di Swiss. Pict. by Humas IPB
PSM Agria Swara IPB memiliki kumpulan prestasi yang membanggakan. Baru-baru ini, unit kegiatan mahasiswa ini memenangkan juara 1 kategori mixed choir dalam 54th International Montreux Choral Festival yang diselenggarakan pada tanggal 4-7 April 2018 di Salle del Castillo, Vevey dan Auditorium Stravinski, Montre-Swiss. Setelah berhasil mengalahkan para pesaing dari delapan negara, Inggris, Rusia, Spanyol, Ukraina, Latvia, Belgia, Bulgaria dan Filipina.

PSM Agri Swara IPB pertama kali dibentuk pada tahun 1986, 33 tahun usianya kini. Lama, ya?".  Tidak heran, makin berumur, makin berkwalitas dan makin banyak prestasi yang didapatkan. Hebat. Tim ini jugalah yang biasanya mengisi acara jika ada kegiatan ceremonial di kampus IPB. Seperti upacara penyambutan mahasiswa baru, acara wisuda, orasi ilmiah dan agenda lainnya. Selain itu, PSM juga menawarkan jasa pelatihan vokal dan piano. Salut.

Untuk menjadi anggota tim ini, mudah. Tidak ada audisi untuk menjadi anggota PSM. Peminatnya? Banyak banget. Setiap tahunnya bahkan sekitar 150 orang mendaftar untuk menjadi bagian dari tim prestisius ini. Laki-laki, perempuan, jumlahnya hampir seimbang.  Para anggota baru yang sudah tergabung diwajibkan untuk mengikuti konser angkatan, untuk kemudian-terakui secara resmi menjadi anggota PSM Agria Swara IPB. Setiap anggota yang sudah-resmi tentu memiliki kompetensi yang berbeda, untuk itulah audisi diadakan untuk memilih anggota yang kompeten untuk selanjutnya diikutkan dalam konser-konser ataupun kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Tertarik untuk bergabung? atau ingin cari info lebih lanjut? kunjungi saja websitenya, agriaswara.com

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon