Menikmati Indahnya Kawah Putih Ciwidey

Udara terasa dingin, sejuk. Meski waktu menunjukkan pukul sepuluh, sinar matahari cukup bersahabat, tidak terik. Penjual buah strawberry dan blackberry tampak mengerumungi beberapa pengunjung yang baru datang di parkiran wisata Kawah Putih Ciwidey, menawarkan dagangan mereka, setengah memaksa untuk membeli. Tampak pula beberapa orang dari rombongan yang tak dikenal beristirahat di dekat kendaraan mereka, melepas lelah.

Yuuk main ke sini
Sejauh lima kilometer perjalanan menuju lokasi kawah putih dilakukan dengan mengunakan mobil (seperti angkutan perkotaan) berwarna orange mengkilap, yang disebut dengan mobil ontang-anting. Disebut ontang-anting karena pengunjung akan merasakan sensasi diontang-anting atau goyang ke kanan-kiri selama perjalanan. Setiap peserta harus membeli tiket sebesar Rp 15.000 per orang untuk bisa menaiki kendaraan ini. Harga tiket ini belum termasuk harga tiket masuk yaitu sebesar Rp 20.000 (Rp 50.000 untuk turis asing).

Selama perjalanan, pengunjung akan merasakan suasana alami dari barisan pepohonan yang melingkupi kanan kiri jalan, selain itu jalan yang di lalui tidak landai, terkadang mobil harus berkelit berbelok, naik dan turun mengikuti tracking jalan. Jika pengunjung ingin membawa kendaraan pribadi menuju lokasi kawah putih, maka wajib membayar tiket masuk  kendaraan Rp 150.000.

Naik ontang-anting saja, asyik
Kawah Putih Ciwedey menjadi salah objek wisata di kota Bandung yang wajib dikunjungi oleh para traveller. Tempat menarik yang satu ini sudah sangat terkenal dengan pesona keindahan alamnya. Kawah Putih terbentuk akibat Letusan gunung Patuha, dengan warna air yang agak hijau-putih, yang menurut informasi akan berubah sesuai dengan suhu, cuaca dan kadar belerang pada saat itu.

Alih-alih keasyikan foto-foto, jangan sampai lupa kesehatan ya
Lokasi ini ditemukan pertama kali oleh Dr. Franz Wilhelm pada tahun 1987, pada saat ia melakukan penelitian. Setelah sebelumnya tidak dihiraukan masyarakat karena alasan mitos yang dipercayai mereka. Berada di ketinggian 2400 mdpl, menjadikan udara di lokasi ini sangat dingin. Untuk para pengunjung yang tidak kuat terhadap udara dingin yang berkisar antara  8 sampai 22 derajad celcius disarankan untuk menggunakan jaket atau syal yang dapat menghangatkan tubuh. Selain itu karena aroma belerang yang cukup kuat, pengunjung yang memiliki masalah pernafasan dapat menggunakan masker untuk meminimalisir belerang yang terhirup. Jika musim hujan, pengunjung juga disarankan membawa payung, jika hujan tiba-tiba turun.

Anak-anak kecil yang tidak tahan dengan aroma belerang, dapat mengambil opsi untuk bermain outbond yang letaknya tidak jauh dari kawah putih dengan harga tiket masuk Rp 5000. Selain itu, pengelola juga menyediakan mobil ATV untuk pengunjung yang ingin berkeliling mengitari lokasi kawah putih. bagi pengunjung yang memiliki ganguan kulit, dapat juga membeli belerang yang berbentuk sabun atau bubuk yang di jual di dekat lokasi tersebut.
Dipilih-dipilih oleh-olehh nya:)
Di dekat lokasi kawah putih juga tersedia mushola. Sehingga pengunjung dapat dengan tenang menikmati kecantikan Kawah Putih dan segera melaksanakan sholat jika waktunya telah tiba.

Tips untuk yang baru pertama kali ke Kawah Putih:
1. Jaket, wajib di bawa, karena udara dingin di lokasi kawah putih. Jika perlu bawa juga syal dan sarung tangan jika memang tidak kuat menahan rasa dingin.
2. Masker. Jika lupa membawa masker, dapat membeli di sekitar lokasi.
3. Kamera, yang satu ini pasti wajib dibawa, entah kamera hp, kamera poket, miror less atau kamera jenis lainnya. Pastikan baterei kamera terisi penuh. Karena banyaknya spot foto yang menarik, sehingga terkadang membuat kita kesal jika tiba-tiba bateri kamera habis.
4. Jika menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya menggunakan supir yang ahli, karena kondisi tracking yang naik-turun. Kalau tidak ada, lebih baik memilih menggunakan kendaraan orange yang sudah disediakan oleh penyelenggara.
5. Pengunjung sebaiknya membawa payung atau jas hujan plastik, agar tidak basah kuyup ketika hujan turun.
6. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Udara yang dingin menusuk dan bau belerang bisa saja memperburuk keadaan jika tidak kuat.

Jika anda ingin berwisata ke Kawah Putih Ciwidey menggunakan kendaraan umum, berikut kendaraan yang harus anda pergunakan:
Jika anda menggunakan bus, maka anda harus turun di terminal Leuwi Panjang kemudian disambung dengan naik L300 jurusan Ciwidey. Setelah sampai Ciwidey lanjut naik angkot lagi jurusan ciwidey-Situ Patenggang dan terakhir turun di petigaan pintu masuk Kawah Putih.
Jika menggunakan kereta api turun di stasiun Bandung kemudian naik angkutan perkotaan warna hijau-biru nomor 34 jurusan Sadang Serang-Caringin, turun di jalan Kopo. Naik bus dan rute transportasi selanjutnya sesuai dengan rute di atas.

2 comments:

  1. Kawah Putih emang cakep banget yaaaa... jadi pengen kesana juga hihi

    ReplyDelete
  2. Hayuuk mb, diagendakan. Tempatnya keren banget :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon