1500 Porsi Makanan Untuk Jamaah Shalat Subuh, Mau?

Al Hurriyyah merupakan masjid yang berada di wilayah kampus IPB. Berukuran sangat besar hingga mampu menampung 5000 jamaah. Masjid ini tidak pernah sepi dengan aktivitas mahasiswa selain untuk shalat tentu saja. Salah satu agenda yang menjadi program tiap bulan sekali yang selalu ramai oleh jamaah adalah "Gerakan Shalat Subuh Berjamaah" yang merupakan bagian dari program kerja pengurus DKM Al Hurriyyah (Dewan kemakmuran masjid).
Pagi ini ya guys
Kegiatan subuh berjamaah ini dilakukan pada pukul 02.30-07.00 WIB, dimulai dengan qiyamul lail, kemudian shalat subuh berjamaah dan tabligh akbar. Selain itu, diakhir kegiatan, sekitar 1.500 porsi makanan-sarapan disediakan untuk para jamaah. Makanan ini dimasak langsung di di salah satu ruang lantai satu masjid, tepat di depan kantin akhwat, yang hanya dimasak lima orang juru masak. Tahun lalu, saat bulan Desember bahkan jumlah makanan yang disediakan sebanyak 3000 porsi dan jumlah itu masih kurang, ada jamaah yang tidak kebagian sarapan.
Hmmm... banyak juga ya penanak nasinya
Saya berkesempatan menyaksikan langsung pengolahan makanan ini. Tampak berkantong-kantong beras dicuci untuk kemudian ditanak menjadi nasi uduk di beberapa alat penanak nasi listrik yang berukuran besar. Ada juga bawang goreng yang baunya sangat harum, sedang digoreng. Di samping penggorengan besar itu, tampak sambal merah menggiurkan sudah selesai dimasak. Seorang juru masak, tampak sedang mengupas telur yang sudah selesai di rebus. Satu persatu mengupas perlahan.

Menurut informasi yang saya peroleh, untuk 1.500 porsi makanan yang disediakan, membutuhkan sekitar 26 kilogram beras. Banyak juga ya?. Adapun menu pendamping untuk nasi uduk antara lain telor, sambal, tempe, kerupuk dan taburan bawang goreng. Hmm.. Makanan sederhana namun akan terasa nikmat jika dimakan bersama. Apalagi sarapan bareng di pelataran masjid. Damai.

Kegiatan makan-makan seperti ini tidak hanya ada di acara subuh berjamaah. Selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan, pengurus DKM juga menyediakan 1000 porsi makan untuk berbuka puasa. Beberapa kali saya pernah ikut berbuka bersama di masjid ini. Dari ujung ke ujung lantai dasar penuh dengan para jamaah yang akan berbuka puasa. 
Duh.. Jadi ngiler :)
Ada juga agenda buka bersama untuk puasa Senin dan Kamis. Buka bersama dengan menu sederhana seperti kurma, buah, kue dan gorengan (berbeda setiap saat). Namun, agenda buka bersama ini bukan dilakukan oleh  pengurus DKM, melainkan oleh salah satu organisasi sosial yang ada di kampus IPB.

Al hurriyyah. Masjid yang makmur. Masjid yang tidak pernah sepi dengan kegiatan. Hari Sabtu dan Ahad, saat liburan, masjid pun selalu ramai dengan berbagai lomba untuk anak-anak TPQ atau untuk kegiatan kajian, seminar dan kegiatan produktif lainnya. 

FYI:

Banyak keutamaan tentang shalat subuh. Salah satunya hadist berikut ini:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ
“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon