Sudah Pernah Coba Labasaki?

Bagi penyuka seafood, Labasaki menjadi menu yang wajib dicoba:). Labasaki merupakan istilah untuk ikan sidat panggang yang merupakan produk utama dari PT. Laju Banyu Semesta (LABAS). Di Jepang makanan yang berbahan baku dari ikan sidat dikenal dengan sebutan unagi kabayaki. Jika di Jepang pembuatan unagi menggunakan campuran sake dan mirin yang tentu saja sifatnya tidak halal. Namun, Labasaki produk Indonesia ini telah memiliki sertifikasi halal, sehingga aman untuk dikonsumsi semua kalangan.

Labasaki (Pict by sidatlabas.com)
Menurut Baidah (2010), ikan sidat memiliki kandungan DHA lebih tinggi daripada ikan salmon yaitu sebanyak 1.337 mg/100 gram sementara ikan salmon 820 mg/100 gram. Selain kandungan tersebut, ikan sidat memiliki kandungan vitamin A 7 kali lebih tinggi dari pada kandungan vitamin A pada telur ayam dan 45 kali lebih tinggi dari pada susu sapi. Hmm.. Menarik bukan?. 

Kandungan nutrisi yang dimiliki ikan sidat tersebut ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan diataranya kecerdasan otak, anti aging, asma, kesehatan mata, kesehatan jantung, alzheimer, osteoporosis, rematik dan beberapa manfaat kesehatan lainnya (betterfish.com). Oh iya, ada yang sudah tahu ikan Sidat?. Ikan sidat ini merupakan kembaran dari belut, tapi bukan identik. Ikan sidat memiliki bentuk yang mirip dengan belut. Ikan sidat memiliki sirip di dekat kepala, ukuran tubuh lebih bulat utuh, tidak memerlukan lumpur untuk habitat hidup. Dahulu, masyarakat mempercayai ikan sidat sebagai ikan keramat, sehingga banyak masyarakat membiarkan saja ikan ini, tidak berani mengolahnya untuk lauk. 

Banner sambuatan untuk pengunjung
Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman satu kelas berkesempatan untuk menimba ilmu tentang dunia sidat di PT. Laju Alam Semesta. Perusahaan ini memiliki beberapa kolam pembesaran ikan sidat yang terbagai dalam beberapa petak pembesaraan mulai dari ukuran benih (glass eel) hingga ukuran konsumsi atau ukuran yang diinginkan. Selain bergerak dibidang budidaya dan sekaligus pengolahan ikan sidat, perusahan ini juga menerima kunjungan lapangan dari para siswa, masayarakat atau dari para praktisi yang ingin tahu lebih banyak tentang ikan sidat. 

Tidak hanya kunjungan saja, perusahan ini juga memberikan pelatihan, menerima peserta magang serta memberikan fasilitas sebagai pembicara. Program kegiatan ini dikenal dengan kegiatan Eduaqua Tourism. Tertarik untuk belajar budidaya, pengolahan atau segala hal tentang sidat? bisa datang langsung ke alamat Jl. Raya Cipicung Satu, RT.002/RW. 009, Cibening, Pamijahan, Bogor Jawa Barat. Lokasinya tidak begitu jauh dari kampus IPB Dramaga, sekitar 47 menit berkendara meggunakan roda empat, jika tidak macet. Daftar Pustaka: Baedah, M.A. 2010. Strategi Pengelolaan Ikan Sidat. http://dkp.sulteng.go.id.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon