Yuuks Berkenalan dengan Dokter Ikan

Ada yang tahu, jenis ikan yang berprofesi sebagai dokter? Eh, kok dokter. Iya, ikan ini memiliki sebutan ikan dokter, namanya ikan Garra rufa. Ikan Garra rufa merupakan jenis ikan yang banyak digunakan untuk fish spa, fish treatment, fish pedicure atau biasa dikenal dengan terapi ikan. Terapi ikan ini banyak ditawarkan di pusat perbelanjaan, tempat wisata atau lokasi lainnya.

Pict by Jitunews.com

Para pengunjung bisa memasukan tangan atau kaki selama terapi dan ikan Garra rufa bekerja dengan memakan sel-sel kulit mati. Fish spa diyakini dapat menghilangkan rasa capai serta dapat menjaga kesehatan kulit. Namun, untuk pengunjung yang memiliki luka terbuka, tidak disarankan melalukan terapi ini. Hal ini dimaksudkan agar luka yang dimiliki tidak mengalami infeksi atau semakin parah.

Selain dapat memberikan efek kesehatan, ternyata terapi ikan memiliki efek samping yang harus serius diperhatikan, yaitu penularan penyakit dari pengguna terapi sebelumnya. Bisa dibayangkan jika terapi ikan ini berada di sebuah tempat wisata, betapa banyak pengunjung yang sudah memasukan kakinya di dalam kolam terapi tersebut. Betapa banyak bakteri atau penyakit yang bersarang di mulut ikan terapi.

Jika pengguna terapi menderita penyakit membahayakan seperti HIV dan Hepatitis C  tentu akan sangat berbahaya untuk para pengunjung lainnya. Selain penyakit berbahaya tersebut, perlu diperhatikan juga kebersihan kolam terapi. Sebagian orang yang tidak toleran dengan kondisi kotor, bisa saja mengalami gatal-gatal setelah melakukan terapi.

Sebelum melakukan terapi ini di tempat umum, pastikan dulu ikan yang digunakan, apakah sudah diganti dengan ikan yang baru (bukan dari ikan yang berbulan-bulan tidak pernah diganti), kebersihan kolam, kebersihan air, serta jika ada informasi mengenai pengguna sebelumnya (ada tidaknya penyakit yang diderita).

Namun, untuk dapat menghindari efek buruk dari terapi ini,  sebaiknya terapi ikan dilakukan di rumah saja. Aman dan terjamin kebersihanya, baik dari air, kondisi wadah terapi (baskom atau kolam) serta kebersihan mulut ikan Garra rufa yang hanya digunakan untuk memberikan perawatan untuk satu kaki saja. Harga ikan Garra rufa pun cukup murah, sekitar Rp. 1000 per ekor, tergantung ukuran ikan yang dibeli.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon