Akhirnya Kumpul Bareng Komunitas Blogger Perempuan

Tags

Kami, orang yang tak saling kenal ini, mengantri di lobi masuk menara BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional). Menyerahkan kartu identitas dan selanjutnya mendapatkan kartu visitor yang dapat kami gunakan  untuk menuju lantai 27. Blogger Perempuan (BP) menjadi komunitas blogger pertama yang saya ikuti. Alhamdulillah setelah bergabung (telat bergabung tepatnya) tanggal 18 Januari 2019 kemarin, saya berkesempatan mengikuti event yang di selenggarakan oleh komunitas ini. Senang, tentu saja, karena bisa berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kecintaan yang sama dengan dunia tulis menulis-- blogger.

Acara diadakan di sebuah ruangan luas, penuh dengan mural kece berwarna warni, membuat senang orang-orang yang melihatnya. Saling berkenalan, tukar alamat ig dan bertanya ringan tentang alamat blogger dan niche yang mereka tulis menjadi keseruan yang saya rasakan. Masya Allah, hal yang sudah lama sekali saya impikan untuk dapat berkumpul dengan para blogger ini.

Sebelum acara dimulai dengan narasumber utama yang totalnya ada delapan pembicara. Kami menerima penjelasan singkat tentang "Jenius" oleh Ivan Loviano Soekarno. Jenius merupakan kartu yang dikeluarkan oleh BTPN. Salah satu keuntungan yang kita miliki ketika menggunakan kartu ini adalah tidak dikenai biaya tambahan untuk penarikan tunai di bank manapun. Untuk pembukaan akun/rekening baru pun, sebelumnya kita tidak harus menjadi nasabah BTPN. Pendaftaran dapat dilakukan dengan menyerahkan KTP, mengisi beberapa data dan proses lainnya yang sesuai ketentuan. Untuk mengaktifkan Kartu Jenius, pemohon harus mengunduh aplikasi Jenius di Applikasi Store. Di dalam apliasi ini terdapat fitur utama untuk penyimpanan dana pribadi Flexi Saver, Deposito, Maxi Saver dan simpanan berjangka untuk tujuan tertentu (Dream Saver), dan masih banyak keuntungan lainnya.

Berbicara tentang penggunaan Jenius yang sangat erat kaitanya dengan Financial Planner, selanjutnya kami menerima penjelasan materi pertama yang disampaikan oleh Budi Rahardjo-- yang merupakan seorang Financial Planner. Pengaturan keuangan yang tepat akan mengantisipasi jumlah pengeluaran agar tidak melebihi besarnya penghasilan yang didapatkan. Sebagai seorang financial planner seseorang harus memiliki beberapa kecerdasan, antara lain 1. Kecerdasan menciptakan uang; 2. Kecerdasan mengalokasikan; 3. Kecerdasan mengembangkan; 4. Kecerdasan melindungi; 5. Kecerdasan mengolah informasi. Ia pun menambahkan "Sebanyak apapun uang yang dimiliki, jika habit yang buruk tidak diubah, maka akan selalu saja kurang atau bahkan defisit di akhir bulan" Selain itu pencatatan keuangan baik untuk masa depan, kebutuhan sehari-hari, dana darurat dan pencatatan keuangan lainnya perlu dilakukan.
Kakak keceh dari kiri ke kanan: Apriajati, Iva Asih, Lia Harahap, Astari Ratnadya, Putri
Tiba pada materi yang sangat saya nantikan dengan para founder komunitas blogger perempuan, Shintaries menjelaskan tentang platform blog. Tentang keuntungan menggunakan platform blogspot atau wordpress. Saya yang sebelumnya hanya tahu sedikit tentang platform tersebut, mulai berdehem.. perlahan mengerti sedikit dengan perbedaan platform tersebut. Almazia, menjelaskan tentang visual konten blog. Bagaimana blog yang menarik, font tulisan, background blog dan beberapa ilmu tentang tampilan blog yang menarik bagi pembaca. Founder selanjutnya adalah Nunik Utami. Perempuan yang telah menulis kurang lebih 60 buku ini memberikan penjelasan tetang konten yang menarik. Pengunjung blog akan sangat tertarik dengan konten tulisan yang menimbulkan penasaran para pembacanya yang selanjutnya akan memutuskan untuk melanjutkan membaca tulisan yang kita tulis atau tidak. Ia menambahkan konsistensi tulisan juga diperlukan, mengenai jumlah artikel yang diposting sebaiknya secara berkala, tidak sekaligus banyak kemudian vacum dalam waktu yang lama.

Akhirnya sesi talk show dengan para narasumber keceh Aprijati (Blogger Konten), Astari Ratnadya (Travel Blogger), Iva Asih (Beauty Video Konten),  Lia Harahap (Lifestyle Konten) dimulai. Masya Allah, finally I Meet them, ungkapan yang saya tunjukan untuk diri saya sendiri.  Sebelumnya hanya mengetahui mereka melalui media sosial, sekarang bisa bertemu langsung. Mendengarkan bagaimana mereka memulai membuat blog, bagaimana akhirnya memutuskan sebagai fulltime blogger, tentang kebahagiaan menjadi seorang blogger, pendapatan yang mereka peroleh dan sharing ilmu bermanfaat lainnya. Alhamdulillah.
Foto ini saya screenshot dari Ig Blogger Perempuan (Gambar kurang jelas ya:D)
Terima kasih saya ucapkan untuk Blogger Perempuan yang telah menyelenggarakan agenda ini. Saya yang masih minum ilmu tentang dunia blogger sangat terbantu dan mendapat ilmu, jaringan, teman-teman baru yang menambah semangat untuk melanjutkan dunia tulis menulis ini. Semoga Allah karuniakan keberkahan untuk para founder dan para panitia, pihak pemberi sponshorship yang terlibat dalam agenda ini.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon