Sudah Pernah ke Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor Ini?

Jika mendengar kota Bogor yang terbayang pasti Puncak. Lokasi wisata di wilayah Puncak Bogor memang selalu menjadi destinasi wisata masyarakat lokal ataupun luar negeri. Udaranya yang sejuk, barisan pohon teh di sepanjang jalan menjadi kebahagiaan tersendiri sebelum benar-benar merasakan wisata di wilayah tersebut. Di daerah Puncak terdapat masjid At-Ta'awun yang selalu ramai oleh jamaah atau pengunjung yang hanya ingin menyaksikan keindahan masjid. Selain Puncak Bogor, Kebun Raya Cibodas  (KRC) yang terkenal dengan bunga sakura-nya tak kalah menarik perhatian para wisatawan. 

Puncak menjadi destinasi wisata setiap liburan atau akhir pekan. Sehingga wilayah ini sering sekali macet. Jadi, jika kamu memiliki waktu liburan yang terbatas dan hanya singgah sementara di kota Bogor. Dapat juga menikmati beberapa tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari stasiun Bogor ini, berikut diantaranya:

1. Taman Topi
Setelah turun dari KRL (Comuter line), kamu bisa mencoba mencoba tempat wisata yang paling dekat dengan stasiun ini. Tinggal berjalan kaki lima sampai sepuluh menit, maka kamu akan sampai di lokasi ini yang ditandai dengan patung Kapten Muslihat di bagian depan serta sebuah topi raksasa, ada juga bangunan yang memiliki atap berbentuk jamur raksasa.

Di lokasi ini kamu bisa mencoba kuliner Bogor, seperti soto mie, taoge goreng, ketan bakar, gemblong dan beberapa jenis makanan lainnya yang wajib kamu coba jika berada di kota Bogor. Beberapa penjual sudah siap sedia menyambut para pengunjung yang datang.
Jika ingin membeli baju bertuliskan kota Bogor atau oleh-oleh lainnya, dapat mampir ke pasar Anyar yang letaknya dekat dengan Taman Topi ini. Barisan lapak pedagang sepatu, pakaian, jajanan berbaris rapi sebelum sampai pasar.

Selain itu, di area Taman Topi ini juga terdapat area bermain Ade Irma Suryani yang cocok untuk anak-anak. Jadi, lengkap sudah. Sekali jalan-jalan, semua didapatkan dalam satu tempat, wisata kuliner, area bermain anak-anak, tempat belanja oleh-oleh juga ada.
Taman Topi Pict by Republika.id
Harga tiket untuk masuk ke Taman Topi Rp 4000 (weekday) dan Rp 5000 (weekend). Buka mulai pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore (weekday) dan mulai pukul 8 pagi (weekend) sampai pukul 6 sore.

2. Istana Presiden
Tidak Jauh dari stasiun, berjalan kaki sejauh kurang lebih 300 meter, kamu akan sampai di Istana Presiden. Di sini kamu bisa memberi makan rusa dengan wortel yang biasanya dijual disekitaran lokasi. Pengunjung tidak diperbolehkan masuk di area ini, kecuali jika bertepatan dengan ISTURA (Istana untuk rakyat). Pengunjung tua, muda, besar, kecil diperbolehkan melihat istana dalam jarak yang sangat dekat. Namun, tetap saja pengunjung dilarang masuk ke ruang utama atau bagian dalam istana. Bahkan menggambil gambar pun tidak diperbolehkan. Jika pengunjung ingin mengabadikan moment pada saat tersebut, pengunjung bisa menyewa jasa foto yang ada disekitaran istana.
Istana Presiden
Para pengunjung akan mengantri di depan Balai Kota, dengan membawa tiket yang sudah dibagikan. Di sini pengunjung dilarang membawa tas, Hp, kamera atau benda apapun saat masuk ke dalam istana. Selain itu, pengunjung juga dihimbau untuk menggunakan pakain sopan, menggunakan sepatu. Beberapa pengunjung bahkan harus keluar dari antrian karena tidak bersepatu.

Untuk dapat mengikuti agenda tahunan ISTURA, masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu di Dinas Pariwisata Kota Bogor. Namun, ketika saya mengikuti ISTURA ini tahun lalu, kuota sudah penuh, jadi tidak bisa mendaftar. Alhamdulillah, ternyata mendaftar on the spot masih bisa dilakukan, dengan menyerahkan KTP (Kartu tanda penduduk).

3. Museum Kepresidenan
Masih di dalam wilayah Istana Presiden terdapat sebuah museum kepresidenan. Di ruang utama museum, pengunjung akan disuguhkan dengan patung dari enam presiden Indonesia, mulai dari Presiden Soekarno sampai dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Naik satu lantai, terdapat galeri kepresidenan untuk masing-masing presiden. Di ruangan tersebut terdapat baju kerja presiden, foto keluarga, piagam penghargaan, karya-karya presiden, kaset DVD lagu yang diciptakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, miniatur pesawat yang dibuat oleh Presiden B.J. Habibie dan masih banyak lagi. Jika acara ISTURA pengunjung bisa masuk di museum ini, namun jika tidak ada acara ISTURA saya kurang tahu bisa tidaknya pengunjung masuk museum.

4. Kebun Raya Bogor
Jika ingin ke Kebun Raya Bogor (KRB), dari stasiun kamu bisa naik angkutan perkotaan (angkot) nomor 2 warna hijau dan turun di gerbang utama-pintu masuk 1 (ada empat pintu, tergantung pengunjung ingin masuk lewat pintu yang mana, beberapa pintu hanya diperkenankan dilalui penjalan kaki saja). Di dalam KRB terdapat Museum Zoologi. Beberapa spesiment kupu-kupu aneka bentuk dan warna, ular, burung, dan beberapa jenis hewan yang diawetkan lainnya juga ada, bahkan susunan kerangka paus biru juga ada di sini.
Selain museum Zoologi terdapat juga taman meksiko, taman kaktus, bunga langka Rafflesia Arnoldi (jika berbunga pada saat itu), tugu Reinwardt yang terletak tak jauh dari Istana Presiden, danau gunting, monumen Lady Raffles, pemakaman Belanda kuno, griya anggrek, jembatan merah dan beberapa spot menarik lainnya yang instgramable banget.
Bangunan dekat gerbang utama KRB
Selain itu, KRB juga sering digunakan masyarakat untuk piknik, bersepeda, jogging, acara gathering, foto-foto dan yang lainnya. KRB memiliki luas sekitar 87 Ha. Supaya tidak capek mengelilingi KRB dengan berjalan kaki, kamu bisa menyewa mobil keliling yang sudah disediakan pengelola dengan membayar Rp 30.000. Tiket masuk KRB Rp 15.000 (wisatawan lokal) dan Rp 25.000 (wisatawan asing). 

5. Menikmati Street Food di Jl.Suryakencana
Traveling tanpa kuliner, bagaikan makan sayur tanpa garam :). Berlibur ke kota Bogor, meskipun cuma sebentar, wajib merasakan berbagai kuliner asli Bogor ini. Salah satu tempat yang cocok untuk menikmati street food adalah di Jl.Suryakencana. Berbagai makanan seperti talas kukus, sagu pisang, soto kuning, soto mie, lumpia basah, combro gang aut, toge goreng, bakso kikil dan pangangan lainnya yang menggugah selera. 
Sagu pisang, Pict by resepnusantara.id
Jl. Suryakencana terletak tepat di depan pintu masuk 1 KRB. Jadi, jika sudah selesai piknik atau bermain di KRB, kamu bisa sekalian plesiran ke jalan ini. Jika kamu penyuka kuliner, ini tempat yang harus kamu kunjungi jika ke kota Bogor. Karena lokasi jalan ini berada di wilayah Pecinan, harap tetap perhatikan logo halal ya bagi yang muslim.

===Mohon maaf atas ketidaknyamanan  postingan artikel yang double. Template masih dalam proses perbaikan=== 

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon