5,5 Ton Ikan Nila untuk Karyawan IPB

Gimana, THR (Tunjangan Hari Raya) sudah cair belum? :D. Jika THR yang umumnya didapatkan oleh karyawan pada saat bulan puasa dalam bentuk sembako dan uang. Namun ada yang berbeda dengan tambahan paket sembako (BHR-Bingkisan Hari Raya) yang diberikan oleh IPB kepada karyawan yaitu IHR (Ikan Hari Raya), begitu istilah yang kami mahasiswa menyebutnya. 
Ini ikan, bukan marjan :D
IHR menjadi program tahunan yang dilakukan oleh Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan untuk semua karyawan IPB (Institut Pertanian Bogor). Jumlah yang dibagikan pun fantastis, 5500 kg (5.5 ton), satu orang mendapatkan 1kg ikan dengan ukuran per kg nya 2-3 ekor (besar ya) dan kami juga baru tahu ternyata karyawan IPB sebanyak itu :D.

Proses pemanenan ikan dilakukan oleh kurang lebih 20 orang dengan posisi pekerjaan yang berbeda. Beberapa diantaranya memanen ikan nila dari kolam yang berukuran 20mx10m sebanyak 5 kolam (lupa 5 atau 6 kolam), mengangkut ke tempat pengumpulan, menimbang dan menyiapkan es untuk menyimpan ikan. Saya bersama dengan seorang teman dari Faperta (Fakultas Pertanian) yang saat itu sedang memberikan makan ikan penelitian, segera merapat untuk menyaksikan proses pemanenan. Alhamdulillah ikut senang menyaksikan kecipak air dan ikan yang segar-segar.
Mung iso nyawang ..heheh
Proses pemanenan ikan dimulai pukul 16.30 sore. Ikan yang dipanen kemudian dimasukan kedalam tandon (tempat penampungan) yang berisi air yang berukuran cukup besar, yang sebelumnya sudah diberi es ke dalam tandon tersebut, tujuannya agar ikan agar tetap segar. Setelah ikan terkumpul, beberapa orang dengan sigap menimbang 1kg ikan per kantong plastik dan terakhir proses penyimpanan di dalam tandon yang diisi dengan bongkahan es. Dan proses ini dilakukan hingga jam 4.30 pagi..Hmmm..lama syekali.
Ikan Hari Raya
Keesokan harinya, barisan mobil dan motor perwakilan dari setiap departemen sudah mengantre di Kolam Percobaan IPB. Petugas yang akan mengambil ikan harus menyerahkan form pengambilan BHR, termasuk diantaranya ikan sebagai salah satu jenis bingkisan, satu departemen bisa saja lebih dari 50 bungkus. Pembagian ini berlangsung sejak pagi hari hingga siang sebelum dhuhur. Pada Ramadhan tahun ini, pemanenan ikan dilakukan pada tanggal 21 Mei 2019.

Bagaimana? menarik bukan. Ternyata ikan pun bisa menjadi bingkisan hari raya selain sembako yang biasa didapatkan lho.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon