Kali Ini, Saya Berbuka Puasa di Vihara Kim Tek Le Glodok

Bagaimana teman, masih kuat puasa kan :). Alhamdulillah yah, meskipun sudah dipenghujung ramadhan tetep harus semangat puasanya. Berbicara tentang buka puasa, kali ini ada yang berbeda, saya berbuka puasa di sebuah Vihara di kawasan Jakarta Barat lho,  ko' bisa? Ini ceritanya.
Vihara Kim Tek Le

Vihara Kim Tek Le atau disebut juga dengan Vihara Dharma Bhakti terletak di Jalan Kemenangan III RT 03 RW 02 No.19 Taman Sari Jakarta Barat. Berada di kawasan Pecinan, Petak Sembilan. Tempat ini sudah cukup terkenal dikalangan travel blogger, selain karena kawasan dengan  bangunanya yang unik tentu saja karena kulinernya yang berbeda dengan tempat lainnya. Dan saya sendiri, baru pertama kalinya datang di kawasan Pecinan ini untuk turut menyaksikan acara buka bersama. Bukan hanya menyaksikan sih, menikmati hidangan yang disediakan juga :D.

Tahun ini, Vihara Kim Tek Le  bersama dengan radio Elshinta serta Komunitas Muslim Tionghoa Indonesia mengadakan buka bersama gratis sejak tanggal 7 Mei sampai 29 Mei 2019. Rasa penasaran saya muncul ketika sebuah chanel Youtube menayangkan agenda buka bersama yang diadakan oleh sebuah Vihara. Karena penasaran, akhirnya saya mencoba datang berkelana mencari letak lokasi tersebut #halah berkelana.

Awalnya ragu untuk masuk ke dalam Vihara, karena dari luar tampak sepi. Namun, sekilas tampak beberapa orang dengan tripod kameranya berkerumun di bagian dalam Vihara. Ternyata mereka kumpulan para reporter dari stasiun televisi swasta dan mahasiswa yang tergabung dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Tampak dari mereka mewawancarai beberapa orang yang ikut menjadi bagian dari panitia acara berbuka puasa bersama tersebut. Terlihat profesional sekali dengan membawa kamera pro yang tak seperti saya, ala kadarnya nya, kamera paling mungil bahkan :D. 
Terima kasih Bapak Ibu :)
Dari sekilas informasi yang juga saya dapatkan, Vihara ini sudah mengadakan acara berbuka bersama gratis sejak tahun 2018. Jumlah makanan yang disediakan sekitar 350 porsi takjil dan makan berat. Program ini khusus diadakan untuk kaum duafa, tidak hanya untuk muslim duafa, tetapi dari agama lain turut serta menikmati agenda berbuka puasa ini. Untuk makanan yang disajikan, dibeli oleh panitia dari para penjual kaki lima yang ada di sekitar Vihara. "Biar  perekonomian tetap berjalan lancar, jadi kami membeli makanan itu dari mereka, beberapa dari catering juga" kata seorang bapak yang sempat saya wawancarai (lupa menanyakan nama beliau #maafkeun pak).
Buka puasa dengan siapa hari ini? :D
Tiba saatnya berbuka puasa, tampak orang tua, anak-anak kecil mengantri dengan sumringah menunggu giliran mendapatkan segelas kolak kacang hijau, panitia sibuk membagikan makanan minuman, sedangkan kami sibuk foto-foto dokumentasi acara. Dalam waktu 20 menit, makanan ludes. Kami, juru foto menyempatkan minum air putih, secepat mungkin takut kehilangan moment foto yang oke (meskipun foto yang saya dapatkan masih standar, kalah cepat shutter speednya, banyak yang nge-blur).

Setelah selesai foto-foto, saatnya melaksanakan shalat magrib. Tak jauh dari Vihara terdapat sebuah Mushola yang mudah untuk ditemukan. 

Tertarik untuk mengikuti buka bersama di Vihara Kim Tak Le? Tenang, masih ada waktu 2 hari lagi ko. Untuk lokasinya, tidak terlalu jauh dari stasiun Jakarta Kota, 15 menit jika tidak macet.

4 comments:

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon