Bocca Travertin di Pemandian Tirta Sayaga

Udara cukup terik ketika kami sampai di pemandian air panas Tirta Sayaga. Berbekal aplikasi map, kami menyusuri tempat yang kami tuju ini, sempat dua kali terlewat dan akhirnya kembali lagi memutari jalan yang sama, takut salah karena tempat yang kami tuju sebenarnya adalah pemandian air panas Tirta Sanita, ternyata setelah beralih pengelola menjadi Pemda Kabupaten Bogor pemandian air panas ini berubah nama menjadi Tirta Sayaga.
Pilihan wahana yang bisa dicoba
Barisan pohon palm tampak menghiasi sisi kanan kiri jalan masuk area wisata. Di sebelah kiri terdapat area bermain anak-anak seperti batteray car, monorail, dan bom-bom car, pada bagian dalam terdapat juga wahana wisata air. Tak jauh dari area bermain anak-anak terdapat sebuah gundukan besar mirip gunung kapur yang tinggi menjulang yang berada di tengah kawasan wisata. Berwarna putih akibat dari pengaruh mata air panas yang keluar membasahi permukaan gunung tersebut selama puluhan tahun.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, gundukan besar tersebut disebut dengan Bocca Travertin. Bocca Travertin terbentuk jika pengendapan travertin berlangsung terus menerus sehingga terbentuk gundukan travertin yang sangat besar yang disebut dengan istilah Bocca Travertin. Travertin memiliki makna endapan sendimen yang berasal dari batu kapur/batu gamping yang terkikis oleh air panas dari perut bumi. Gundukan ini dapat menyebabkan tersumbatnya rongga atau celah yang dilalui oleh air panas. Jika celah sudah tertutup oleh travertin, maka air panas akan berpindah ke tempat lain dan membentuk Bocca Travertin yang baru. Endapan travertin yang sangat lama dapat membentuk bukit seperti yang ada di pemandian air panas Tirta Sayaga ini yang disebut juga dengan Gunung Panjang yang merupakan akumulasi dari pengendapan travertin purba. Masya Allah. Tiadalah Allah menciptakan segala sesuatunya sia-sia.
Bocca Travertin
Melewati Bocca travertin, kita disuguhkan dengan jajaran kios yang masih tutup. Tampak beberapa  pemilik kios sedang memperbaiki, membersihkan kios yang nantinya akan mulai ramai beroperasi kembali pada saat libur lebaran.

Berjalan perlahan sambil menikmati rindangnya pepohonan, kami akhirnya sampai di area pemandian air panas. Namun, pemandian air panas ini tidak berada di luar ruangan seperti yang ada di Rancawalini Bandung. Pemandian air panas ini berada di dalam ruangan atau gedung yang dibedakan berdasarkan dua kriteria yaitu Almanda untuk area VIP dan Bougenvil untuk umum. Untuk VIP terbagai menjadi dua pilihan, VIP untuk satu orang dan kapasitas dua sampai enam orang dengan durasi waktu satu jam. Sedangkan untuk area Bougenvil atau umum setiap orangnya mendapat jatah waktu berendam 30 menit. Kedua area tersebut memiliki tarif yang berbeda. Selain pemandian air panas, terdapat juga jasa terapi lintah dan bekam yang bisa kamu coba.
Area pemandian Bougenvil
Liburan lebaran nanti ingin berwisata dengan keluarga atau teman dekat? pemandian air panas Tirta Sayaga bisa menjadi salah satu pilihannya. Pemandian ini terletak di Ciseeng Parung Bogor. Tiket masuk area wisata Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 12.000 untuk anak-anak. Tiket masuk ini bukan termasuk tiket bermain wahana wisata lainnya serta pemandian air panas. Pemandian air panas Tirta Sayaga buka mulai pukul 07.30 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon