Review Kuliner Korea di Bogor

Annyeong haseyo (Selamat datang), begitu kalimat sapaan yang diucapkan oleh seorang wanita, Ia tampak mengenakan Hanbok (pakaian tradisional Korea) berwarna hijau dan ungu fusia, berdiri sebelum pintu masuk resto Mujigae, menyambut dan mempersilahkan masuk para pelanggan. Resto yang memiliki tag line "Bibimbab & Casual Korea Food" ini terletak di Mall Botani Bogor.
Annyeong Set, Paket lengkap yang mesti dicoba
Begitu masuk restoran, kita akan disuguhkan dengan alunan lagu korea yang saat itu sekelompok girlband sedang menyanyikan lagu, diputar dengan suara yang tidak begitu kencang, dengan layar proyektor besar di lantai satu. Suasana saat itu cukup ramai, sehingga kami memutuskan untuk makan di lantai dua. Menuju lantai  dua, terdapat mural ramen dan tulisan Korea di dinding tangga yang kami lewati. Di lantai dua tidak ada mural, yang ada hanya potrait berbentuk persegi panjang yang berisi foto beberapa wajah (mungkin para pengunjung), selain itu di lantai ini juga terdapat dua proyektor yang tidak difungsikan, asumsi saya lantai ini lebih banyak digunakan untuk meeting atau kopdar (kopi darat) suatu acara.
Ada yang tahu itu nama girlband apa?
Seorang petugas langsung membantu mengoperasikan Ipad yang menjadi alat untuk memesan makanan ketika kami duduk. Self service begitu tipe pemesanan makanan di Mujigae. Selain untuk memesan makanan, Ipad ini juga dapat fungsikan untuk memanggil waiters, foto dan memesan lagu. Memilih sejenak, akhirnya kami memilih Annyeong set 4  yang berisi beberapa jenis makanan korea seperti kimchi, japchay, dumpling/mandu dan bulgogi, dan teman saya memesan Ramyeon pedas serta sweet jasmine green tea. Meskipun terdiri dari beberapa jenis makanan, Annyeong Set ini tidak menimbulkan rasa kenyang yang berlebihan karena di sajikan dalam porsi kecil.
Self service, cara mudah memesan makanan
Kuliner yang saya coba pertama kali adalah Kimchi. Lama sekali penasaran dengan makanan ini. Setelah dimakan, ternyata rasanya tidak jauh berbeda dengan asinan sayur Bogor, asam, pedas dan ada sedikit rasa yang berbeda ..hehe. Mungkin memang seperti itu rasanya atau memang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Beberapa potong kimchi berukuran tidak terlalu besar disajikan dalam set ini.

Makanan kedua, mandu atau dumpling. Di Indonesia sendiri makanan ini dikenal juga  dengan nama pastel goreng, berisi daging ayam atau sapi dengan campuran beberapa sayuran dengan kulit yang agak keras. Sedangkan mandu ini, biasa disajikan dalam bentuk rebus atau goreng dengan isian yang hampir sama. Jumlah yang disajikan tiga buah.

Makanan lain yang disajikan adalah Japcae dengan bahan utama mie bihun. Bihun yang digunakan memiliki tekstur lebih bening dan lebih lembut, berbeda dengan bihun yang banyak dijual di pasaran. Japchae ini terdiri dari campuran beberapa sayuran, bumbu serta kecap manis, cocok juga untuk anak kecil. Makanan terakhir yaitu Bulgogi yang berbahan utama daging sapi. Dengan racikan beberapa bumbu, makanan ini juga enak untuk dinikmati. 
Realita yang menyakitkan
Mengecewakan, ketika pesanan ramyeon pedas teman saya datang. Antara iklan dan kenyataan tampilan makanan yang disajikan sangat berbeda jauh. Hal ini mungkin wajar, iklan VS realita yang berbeda sering kali kita temukan perbedaan yang besar. Namun, tetap saja mengecewakan untuk sekelas rumah makan terkenal. Mie yang overcook, telur dan sayuran yang sudah tercampur sempurna menjadikan makanan ini tidak begitu enak untuk dinikmati.
Mujigae yang ada di Mall Botani Bogor
Mujigae ini merupakan salah satu restoran Korea yang sudah memiliki 16 cabang. Di Bogor sendiri sepertinya ada dua tempat, satu di Transmart Jl. KH. R. Abdullah bin Nuh, Tanah Sareal Bogor, yang lainya ada di Mall Botani Square Jl.Raya Pajajaran, Tegallega, Bogor. Restoran ini buka mulai pukul 10.00 WIB - 22.000 WIB.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon