Sudah Coba Naik MRT Jakarta? Saya Sudah :)

Tags

MRT (Mass Rapit Transit) menjadi moda transportasi yang baru-baru ini hadir di Jakarta. Banyak masyarakat yang penasaran dengan transportasi jenis ini, termasuk saya :D. Berawal dari rasa penasaran inilah saya mencoba searching sebanyak mungkin informasi tentang MRT, mulai dari  harga tiket,  stasiun KRL (Commuter Line) terdekat yang terhubung dengan MRT, dan apa saja yang berhubungan dengan MRT. Dan pencarian saya berakhir pada nama St. Sudirman sebagai stasiun KRL yang bisa dengan mudah terhubung dengan MRT terdekat.
Yuuk naik MRT (Pict by jakartamrt.co.id)
Perjalanan saya mulai ketika selesai mengambil hasil Lab minyak atsiri daun kayu manis di Labkesda Jakarta Pusat. Karena pada saat itu sedang ada tawuran antar warga di Manggarai, KRL yang saya tumpangi berhenti cukup lama di St. Tanah Abang sampai akhirnya kembali melaju setelah informasi aman didapatkan oleh masinis.

Beberapa saat setelah turun dari kereta, saya merasa kebingungan. Mencoba mencerna kembali informasi yang saya baca tentang lokasi MRT. Berjalan mengikuti lalu lalang orang yang ramai datang dan pergi. Dan sampailah saya pada pintu keluar stasiun yang  terhubung dengan jalan layang yang berseberangan dengan St. BNI City, dalam hati saya berbicara -waah salah jalan ini. Kemudian saya memutuskan untuk kembali lagi ke dalam St. Sudirman, mencari jalan keluar menuju terowongan Kendal.
Salah satu mural yang ada di terowongan Kendal
Rehat sejenak di terowongan Kendal, menikmati kerlip lampu yang berganti warna, berpendar di antara mural yang terlukis di dinding. 5 menit berjalan menyusuri terowongan, di sebelah kanan terdapat Stasiun Dukuh Atas, 'ah ini dia stasiun MRT terdekat'.

Penumpang yang akan masuk akan diperiksa oleh petugas keamanan dua kali. Pertama saat di pintu luar, sebelum masuk stasiun. Petugas akan memeriksa dengan metal detector. Pemeriksaan ke dua, petugas akan memeriksa tas/barang yang kita bawa melewati X-Ray. Stasiun Dukuh Atas ini merupakan stasiun bawah tanah.

Bebeberapa stasiun MRT yang ada yaitu St. Bundaran Hotel Indonesia, Dukuh Atas BNI, Setiabudi Astra, Bendungan Hilir, Istora Mandiri, Senayan, ASEAN, Blok M BCA, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, dan terakhir stasiun Lebak Bulus Grab. Stasiun-stasiun ini berada pada satu jalur, jadi tidak ada stasiun transit. Hanya terdapat satu jalur, jadi jangan (underground).

Tarif MRT Jakarta
Tarif MRT Jakarta (Pict by jakartamrt.co.id
Cara naik MRT
  • Cari St. MRT terdekat. Salah satu St. yang mudah diakses adalah St. Sudirman. Setelah turun dari KRL, cari pintu ke luar, lewat terowongan Kendal akan ada St. MRT Dukuh Atas
  • Beli tiket di Vending Maccine dengan pilihan Single Trip Ticket (STT) atau Multi Trip Ticket (MTT). STT: Kartu hanya untuk satu kali perjalanan, masih dapat digunakan dalam waktu 7 hari dengan mengisi saldo top up terlebih dahulu. MTT: Kartu untuk lebih dari satu kali perjalanan, dapat diisi saldo top up dengan masa berlaku kartu lebih lama.  Atau jika ingin lebih mudah bisa menggukan kartu Tap Cash BNI, E-Money, Brizzi BRI, Flazz BCA.
  • Tap in kartu/tiket MRT sebelum masuk
  • Menunggu dengan tertib, dahulukan penumpan yang turun
  • Tap out kartu/tiket MRT sebelum keluar
Paling enak memang naik kereta di gerbong khusus perempuan
MRT mulai beroperasi pada pukul 05.00 WIB - 22.01 WIB. Pada jam sibuk (jam 07.00 WIB - 09.00 WIB dan jam 16.00 WIB - 19.00 WIB ) kereta akan berangkat setiap 5 menit. Sementara di luar jam sibuk, kereta akan berangkat setiap 10 menit. Pada jam sibuk, beberapa gerbong dikhususkan untuk penumpang wanita.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)