6 Jenis Minuman Populer Saat Musim Hujan

Hujan turun hampir setiap hari di kota yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan ini. Tidak heran memang, Bogor memang memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibanding dengan kota lain di Indonesia. Namun, untuk tetap bisa menikmati rinai hujan yang turun ini, dapat dilakukan dengan menikmati secangkir minuman penghangat tubuh. Di Indonesia sendiri jenis minuman penghangat tubuh banyak sekali, enam diantaranya di bawah ini.

1. Bir Kotjok
Bir? Tenang Halal kok. Minuman penghangat tubuh ini memang aneh terdengar, dari namanya saja terlihat seperti minuman keras yang dilarang itu. Namun, minuman ini 100% berasal dari tanaman rempah, jadi aman dikonsumsi.

Bir kotjok merupakan minuman khas kota Bogor, yang hanya bisa ditemukan di kota Bogor, tepatnya di sepanjang Jl.Surya Kencana Bogor. Mengapa disebut bir, padahal bahan pembuatnya berasal dari herbal? karena ketika minuman ini disajikan, terdapat buih di bagian atas. Buih ini dihasilkan karena sebelum disajikan, minuman ini di kocok terlebih dahulu, beberapa kali sehingga munculah buih di bagian atas, mirip bir.


100% Halal
Bir kotjok terbuat dari campuran beberapa tanaman herbal, diantarnya jahe merah, kayu manis, gula aren, dan cengkeh. Campuran bahan-bahan ini cukup membuat badan hangat meskipun disajikan dalam keadaan dingin sekalipun. Jika kamu pernah minum jamu keliling, rasa minuman ini seperti minuman jahe yang diberikan penjual saat terakhir minum jamu.

2. Susu Jahe Merah
Sesuai dengan namanya, minuman ini merupakan campuran dari susu, jahe merah, gula merah dan air. Minuman ini sangat mudah ditemukan, tidak saja saat musim hujan, musim panas pun juga ada. Bahkan saat ini, susu jahe sudah dijual dalam bentuk minuman instan yang langsung seduh. Namun, menurut saya rasa jahe pada minuman instan kurang terasa, lebih dominan pada rasa manis. Minuman susu jahe merah dapat dijadikan obat ketika tenggorokan sakit atau saat badan sedang tidak sehat.
Susu jahe merah instan juga ada (Pict by Kaskus.co.id)
3. Tahwa
Banyak orang menyebut minuman ini dengan makanan, karena memang terbuat dari bahan dasar kedelai, yang bentuknya mirip dengan tahu, namun teksturnya lebih lembut seperti puding. Tahwa merupakan jenis makanan kecil yang berasal dari China. Di Indonesia, makanan ini sangat terkenal di Jawa Timur, terutama di kota Surabaya. 
Enak dinikmati saat musim hujan (Pict by pergikuliner.com)
Tahwa disajikan disebuah mangkuk, dengan siraman kuah jahe panas dan toping kacang tanah sangrai dan cakwe. Tahwa ini sangat mudah dijumpai, karena banyak penjual yang menjajakanya dengan berkeliling di kampung-kampung. Tahwa memiliki banyak nama diantaranya Tahwa/Tawa/Tauhua/Kembang Tahu.

4. Wedang Ronde
Pernah coba wedang ronde? Selain karena rasa minuman yang enak, bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri  bagi pembeli untuk mencoba minuman ini. Ditinjau dari namanya wedang memiliki arti minuman, sedangkan ronde adalah bola-bola warna-warni yang terbuat  dari tepung ketan. Wedang ronde ternyata bukan minuman asli dari Indonesia, melainkan dari negara tirai bambu, China. Ronde dibuat dari bahan utama tepung ketan yang dibentuk bulat yang di dalamnya berisi kacang, gula merah, atau tanpa isian. Wedang dibuat dari campuran jahe, air dan gula merah.
Ini wedang ronde ya, bukan bakso :D (Pict by idntimes)
Wedang ronde biasanya disajikan di sebuah mangkuk, dengan isian ronde, potongan roti tawar, kolang-kaling, kacang tanah sangrai yang kemudian disiram dengan kuah jahe panas.

5. Wedang Angsle
Minuman khas kota Malang ini menjadi minuman penghangat badan yang wajib kamu coba ketika berada di kota yang terkenal dengan sebuatan Bumi Arema ini. Angsle dan Ronde ibarat sahabat sejati yang tidak dapat dipisahkan. Di mana ada angsle, di situ juga ada ronde. Penjual biasanya menjual dua jenis minuman ini dalam satu gerobak/warung.
Sudah pernah coba? Pict by albarokah.co.id)
Kuah/wedang untuk angsle dibuat dari campuran santan, daun pandan, jahe, gula pasir, dan garam. Minuman ini memiliki isian yang lebih beragam seperti roti tawar, kacang hijau, ketan putih, sagu mutiara, kolang-kaling dan petulo (menyerupai kue putu mayang yang berbentuk seperti mie, terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, atau sagu). 

6. Wedang Jahe
Minuman keenam ini yang paling mudah dicoba, apalagi buat anak kos. Cukup dengan mencampurkan gula, jahe dan air, minuman penghangat tubuh ini siap disajikan. Mudah dan enak diminum saat hujan atau saat badan sedang kurang sehat.
Minuman yang paling mudah dibuat (Pict by doktersehat.com)

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon