Pesona Pantai Tanjung Kelayang di Negeri Laskar Pelangi

Pantai Tanjung Kelayang menjadi destinasi perjalanan terakhir kami hari ini, setelah sebelumnya kami berkunjung ke kepala daerah setempat, melakukan kegiatan sosial bersih pantai, dan menanam pohon. Selama perjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan batu-batu granit besar dan pepohonan di kanan kiri jalan. 
Ala--Ala Arai dan kawan-kawan :D
Pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu tempat yang kami kunjungi ketika berada di Belitung. Begitu mendengar destinasi tempat yang dikunjungi setelah dari agenda hari ini adalah pantai, banyak wajah terlihat antusias, apalagi pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu tempat syuting film Laskar Pelangi. 

Pantai ini menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008, yang diadaptasi dari buku "Laskar Pelangi" yang di tulis oleh Andrea Hirata. Film Laskar Pelangi sukses membuat sang penulis menerima berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional. Bahkan buku karyanya telah banyak di terjemahkan ke berbagai bahasa di belahan dunia. Maka tak ayal membuat nama Belitung khususnya pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi para pelancong. 
Mendayung perahu karet yang semakin menjauh dari tepi pantai
Berhamburan begitu kami sampai ke pantai Tanjung Kelayang, dan selanjutnya memisahkan diri masing-masing sesuai dengan kesukaan, berenang, menaiki perahu karet atau hanya berfoto-foto di atas batu granit yang ukurannya super duper besar. Saya dan beberapa teman memilih menaiki perahu karet. Kami pun mencoba mendayung perlahan. Karena tidak ada yang pernah mendayung perahu, alhasil perahu karet yang kami tumpangi semakin ke tengah menjauh dari tepi pantai. Sehingga penjaga pantai yang berada di tepi pantai, berenang mencoba menarik perahu karet ke tepian. 

Di pantai ini pun terdapat monumen yang menandakan dibuatnya film Laskar Pelangi. Selain itu barisan toko souvenir berada tak jauh dari pantai. Berbagai macam kerajinan yang berasal dari kulit kerang dan hewan laut lainnya tersedia. Tinggal memilih sesuai dengan budget yang dimiliki.
Batu Garuda yang memikat para wisatawan
Selain terkenal karena menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi, pantai ini juga terkenal dengan batu granit yang berbentuk kepala garuda. Batu berbentuk Garuda di pantai ini menjadi salah satu maskot dalam kegiatan Sail Wakatobi-Belitung. Sail Wakatobi Belitung merupakan salah satu kegiatan kepemudaan yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Agenda ini diselenggarakan selama kurang lebih 25 hari dengan kegiatan mengelilingi berbagai daerah di Pulau Sumatera dengan menggunakan kapal perang, KRI Makassar dan pulau yang pertama kali kami singgahi adalah pulau Natuna

Kilas balik perjalanan saat Sail Wakatobi-Belitung.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon