Wisuda Online? Feelnya Kurang

Tags

 Wisuda menjadi momen besar setelah melalui perjalanan panjang nan melelahkan. Menjadi momen persembahan untuk kedua orang tua dan keluarga yang tak kenal lelah mendukung perjuangan. Namun, saat pandemi seperti ini, semua yang telah direncanakan, berganti dengan rencana lain demi keselamatan, wisuda online.


Pengumpulan berkas secara online menjadi tahapan untuk menempa kesabaran. Saat mengunggah berkas surat keterangan lulus (SKL), foto atau pun berkas pembayaran wisuda, mahasiswa harus menunggu dengan sabar untuk memperoleh perbaikan sistem saat semua berkas yang disyaratkan belum tercentang secara otomatis, sehingga harus menunggu untuk proses pendaftaran wisuda. Saat semua tahapan pendaftaran wisuda sudah selesai, maka mahasiswa akan mendapatkan nomor pendaftaran wisuda, yang pada kondisi normal digunakan untuk mengambil toga dan kartu undangan. 


Ini pertama kalinya bagi kampus IPB University mengadakan wisuda daring/online. Di bulan Agustus ini, wisuda diadakan selama dua kali , yaitu pada tanggal 12 Agustus 2020 (Untuk wisuda tahap VI bulan Juni) dan tanggal 26 Agustus 2020 (untuk wisuda tahap VII bulan Agustus) untuk tahun ajaran 2019/2020. Pada kedua tahap wisuda ini, mahasiswa masih bisa memilih untuk wisuda secara daring/online atau wisuda offline yang diadakan saat kondisi sudah kondusif nanti. Selanjutnya mulai bulan September sampai keadaan aman, wisuda diadakan secara online secara keseluruhan, tidak ada pilihan wisuda offline


Tentu banyak yang menanyakan kenapa tidak ada pilihan wisuda offline, padahal setiap wisudawan membayar dengan nominal yang sama. Bahkan beberapa teman sudah bersedia menunggu sampai keadaan kembali normal untuk dapat mengikuti wisuda offline. Sangat disayangkan.


Bagaimana wisuda online di IPB University berlangsung? 


Setiap mahasiswa yang telah mendaftar wisuda online akan memperoleh link zoom. Link ini nantinya yang digunakan untuk bergabung dan hadir dalam wisuda online. Tiga diantara delapan ketentuan wisuda online diantaranya wisudawan mengenakan jas berwarna gelap (laki-laki), blazer berwarna gelap (perempuan), orang tua pendamping mengenakan pakaian batik, rapi dan sopan, dan tentu saja wisudawan tidak mengenakan toga. Sementara pelaksanaan wisuda di dilakukan secara streaming di akun You Tube IPb TV, yang  berlangsung di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW).


Satu mahasiswa yang terpilih dari setiap jenjang (S1/S2/S3) hadir mengikuti rangkaian acara wisuda. Mulai dari pembukaan sampai penutup. Sedangkan nama-nama peserta wisuda online akan dibacakan dengan menampilkan foto wisuda/ijazah beserta dengan judul tugas akhir yang dikerjakan yang sudah disetor sebelumnya  yang ditampilkan  pada layar proyektor. Ketika nama wisudawan ditampilkan di layar proyektor, petugas akan menampilkan juga pada zoom screen dan menekan tombol next pada nama peserta wisuda di apk zoom, yang telah diurutkan sesuai dengan nama yang tampil.


Pelaksanaan wisuda secara online menurut saya, feelnya kurang, kurang berkesan. Namun, setiap wisudawan yang memilih wisuda online pada bulan Juni dan Agustus ini,  tentu saja memiliki alasan yang menguatkan pilihan. Pada wisuda bulan September nanti, semua peserta akan melakukan wisuda secara online, tidak ada pilihan lain. Mau tidak mau. Karena jika tidak memilih untuk mengikuti wisuda, maka tidak akan ada ijazah yang diterima. 

Hal ini tentu saja akan menghambat sebagian mahasiswa yang ingin menggunakan ijazah tersebut untuk melamar pekerjaan. Untuk mahasiswa yang telah mendaftar wisuda, peserta biasanya akan memperoleh ijazah dua minggu setelah tanggal wisuda yang telah ditetapkan sebelumnya. Sayangnya, pada tahap wisuda VII Agustus ini, pengambilan ijazah untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) mengalami penundaan karena pembatasan aktivitas di area FPIK (menurut info dari Ig@dappmb.ipb).

Selamat kepada teman-teman yang wisuda hari ini, yang  tetap melangkah dan tidak berhenti untuk berjuang, selamat sudah sampai tahap ini, semoga ilmu yang didapatkan berkah.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon