Genre Buku Apa yang Kamu Sukai ?

Tags

Buku jendela dunia;buku gudang ilmu, merupakan jargon lama yang sampai saat ini menjadi jargon utama yang sejak masa kanak-kanak selalu diajarkan oleh guru-guru saat sekolah. Keberadaan buku sebagai sumber informasi pun bermacam-macam, mulai dari buku pelajaran, buku cerita, majalah, koran dan berbagai jenis lainnya. 


Kesukaan saya membaca buku, dimulai sejak di bangku sekolah dasar (SD). Salah satu novel yang saya baca (lupa nama judul bukunya) menceritakan tentang kisah romansa yang berlatar belakang kota Padang. Penjelasan yang runut dan mudah dimengerti oleh anak SD pada saat itu, membuat pikiran saya berkelana ke kota Padang. Berimaginasi tentang keindahan Ngarai dan kota Bungkit Tinggi yang penulis tuliskan. Sehingga hal tersebut membuat saya sangat ingin bertualang ke Kota Padang  (semoga suatu saat). Karena pada saat itu belum ada smartphone, gambaran kota Padang yang sebenarnya tidak dapat saya ketahui.


Dongeng nusantara yang bercerita tentang kisah Timun Emas, Lutung Kasarung, Tangkuban Perahu juga menemani masa kecil saya. Beberapa jenis buku bercerita tentang petualangan sekelompok anak kecil yang menemukan harta karun juga menambah daya imaginasi. Ada juga buku yang bercerita tentang detektif cilik, tentang bagaimana sang tokoh memecahkan suatu kasus.

Kamu pilih mana, hardbook atau e-book ?

Sebegitu sukanya saya dengan buku, saat pulang sekolah, saya sering berjalan sambil membaca buku, karena memang di desa keberadaan kendaraan bermotor tidak seramai di kota besar, jadi masih aman. Kebiasaan berjalan sambil membaca saya lakukan sampai sekolah menengah pertama. Akibat kebiasaan itu, saat ini ketika saya berpergian menggunakan bus atau kereta api, dapat saya selingi dengan membaca buku. Dalam beberapa kasus, beberapa teman merasa pusing atau mual ketika membaca buku saat perjalanan.


Berbagai genre tersedia, menemani para pecinta buku. Mulai dari romansa, triller, sci-fi, horor, motivasi-self improvement, biografi, agama dan berbagai jenis lainnya. Genre buku yang saya sukai pun mulai berganti, mulai dari cerita dongeng nusantara, dongeng 1001 malam, kisah detektif atau petualangan yang diceritakan di dalam buku atau majalah, biografi tokoh-tokoh terkenal, cerita motivasi, novel petualang atau romansa menjadi salah satu genre yang saya sukai akhir-akhir ini.


Namun, di era modern ini, keberadaan toko buku sangat sedikit sekali. Di kota Gresik, toko buku yang menyediakan buku berbagai genre dan pilihan menurut saya hanya ada di dua tempat, Toko Mida Pustaka dan Gramedia yang ada di Icon Mall Gresik. Itu pun tidak terlalu lengkap jika dibandingkan toko buku di kota besar lainnya. Keberadaan toko buku ini berkurang tergantikan dengan transaksi kemudahan dalam jual beli buku yang dilakukan menggunakan aplikasi online shopping yang sudah marak digunakan oleh masyarakat.


Saat ini, tidak hanya buku yang berfungsi sebagai jendela dunia, keberadaan media sosial seperti youtube, instagram, twitter, google dan jenis aplikasi media sosial lainnya menjadikan kemudahan dalam mengetahui berbagai macam informasi yang kita butuhkan.

Sejak kapan kamu mulai suka baca buku ?

Buku dalam bentuk cetak; hardcopy, terkadang menyulitkan ketika ingin dibawa, selain karena bobot buku, juga karena buku memakan ruang yang cukup di dalam tas. Sehingga saat ini, ada inovasi buku versi soft book; e-book (buku elektronik), sehingga mudah dibaca dan tersedia di dalam smartphone kita masing-masing. Buku dalam bentuk e-book memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan dalam bentuk hardcopy. Mudah dan murah, menjadi pilihan banyak orang yang berpindah dari buku dalam bentuk hardcopy ke bentuk e-book.


Tentu hal ini berbeda untuk setiap orang. Ada yang suka dalam bentuk buku cetak, ada juga yang lebih suka dalam bentuk elektronik. Saya termasuk salah satu penyuka buku dalam bentuk cetak, meskipun berat untuk dibawa, rasa kangen akan wangi buku memberikan kebahagiaan tersendiri. Selain itu, mengkoleksi buku dalam bentuk hardcopy dapat diturunkan untuk ke anak cucu.


Kalau kamu, suka buku dalam bentuk dan genre apa?

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon