12 Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Travelling

Travelling saat ini menjadi kegiatan yang banyak disukai sebagian orang. Lokasinya pun beragam mulai wahana wisata, wisata laut, mendaki gunung, camping, atau wisata religi. Seiring dengan perkembangan zaman, travelling kini tidak sekedar untuk melepaskan penat, melainkan karena faktor lain seperti untuk konten blog, vlog atau untuk seni photography yang semakin hari semakin digandrungi para milenial. 

Kamu tim tas ransel atau koper saat berpergian?

Rasa nyaman saat melakukan travelling didukung oleh banyak hal, selain harga tiket yang ramah dikantong, kuliner kota tujuan yang lezat, ada juga perlengkapan penting yang harus dibawa, apalagi bagi muslimah yang suka travelling. Apa saja itu? Ini diantarnya:


1. Handsanitizer & Masker
Saat pandemi seperti saat ini, handsanitizer dan masker menjadi barang yang super penting yang harus selalu dibawa kemana pun. Tidak seperti saat awal pandemi masuk ke Indonesia, ketersedian dua benda penting ini sudah cukup mudah didapatkan. Bahkan, untuk masker saat ini sudah banyak dijual ecer 10.000 rupiah mendapat 6 biji. Cukup murah bukan. Sama halnya dengan masker, handsanitizer juga mudah untuk didapatkan dengan harga yang tidak jauh dengan harga normal sebelum pandemi.


2. Perlengkapan sholat & Kaos Kaki
Bagi seorang muslimah, perlengkapan shalat menjadi hal penting lainnya, meskipun terkadang dengan pakaian yang kita kenakan sudah cukup menutup aurat, namun untuk saya sendiri lebih prefer membawa mukena sendiri. Yang paling ringan, mukena dari bahan parasut. Selain mukena, kaos kaki menjadi barang bawaan tambahan. Ketika kita berlibur atau menjelajahi tempat baru, tidak dapat dipungkiri terkadang ada kejadian yang menyebabkan kaos kaki yang kita kenakan kotor atau basah, sehingga harus diganti. Cara mudahnya dapat dilakukan dengan membawa stok kaos kaki dari rumah.


3. Payung
Dimusim hujan seperti saat ini, ada baiknya payung menjadi barang yang masuk dalam list barang yang harus dibawa. Selain untuk melindungi diri dari hujan, payung juga dapat digunakan untuk menghalau panas. Meskipun, keberadaan payung tidak begitu penting di kota panas seperti kota Gresik, namun di kota hujan Bogor yang memiliki curah hujan yang lebih tinggi, payung menjadi yang wajib adanya.


4. Air minum
Ini penting. Meskipun kita mudah mendapatkan minuman di toko terdekat lokasi wisata, namun dengan membawa tumbler sendiri, dapat menjadi salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan botol plastik, yang pada akhirnya dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat sampah plastik. 


5. Kamera dan Baterai Cadangan
Tanpa bukti (foto), perjalanan yang kita lakukan hoax:D. Mengabadikan keindahan tempat yang dikunjungi menjadi poin penting yang wajib kita lakukan, apalagi bagi orang yang suka photography, tentu ini hobby yang menyenangkan. Terkadang, saat sedang asyiknya kita mengambil foto, kamera tiba-tiba mati atau memori penuh. Agar kebahagiaan saat berwisata tetap dapat dirasakan, maka baterai dan memori cadangan harus dibawa serta. 


6. Sunblock
Kanker kulit, kulit belang, sunburn yang mengakibatkan warna merah pada kulit merupakan sebagian efek samping dari paparan sinar matahari terhadap tubuh. Salah satu upaya untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan menggunakan sunblock. Sesuai dengan namanya, sunblock berfungsi untuk menghalangi sinar UV masuk ke dalam kulit. Sehingga pemakaian sunblock dapat mencegah akibat buruk dari sinar matahari, dari masalah kulit yang ringan sampai masalah kulit yang berat. Jika kamu tidak suka memakai sunblock, cara lainnya kamu dapat memakai sunscreen atau pelembab yang mengandung Sun Protection Factor (SPF) tinggi. 


7. Buku Saku dan Maps
Catatan-catatan penting yang ditemukan selama travelling sebaiknya dituliskan di dalam buku saku. Hal ini dapat membantu menggali ingatan kita saat ingin menggunakan informasi tersebut untuk menulis artikel, novel atau hal lainnya. Bentuknya yang kecil, tentu tidak memakan banyak ruang serta tidak terlalu berat untuk dibawa. 


Jika travelling ke luar negeri, maka kita memerlukan maps untuk menuju lokasi tujuan sesuai dengan ittenary yang sudah direncanakan. Selain mencetak sendiri peta, kamu bisa mendapatkan maps dari travel agency atau pusat informasi di sekitar daerah tersebut, seperti yang kami lakukan saat kami berada di Thailand. Hal ini akan memudahkan dan mengefektifkan penggunaan waktu berkunjung, apalagi jika kita hanya memiliki waktu yang sempit.


8. Charger Handphone
Handphone mati dan baterai kamera pun habis, maka keindahan yang ada hanya dapat dinikmati dengan mata dan hati. Tentu hal ini sangat disayangkan, apalagi misalnya tujuan utama kita melakukan travelling adalah survey lokasi tersebut. Yang mungkin akan menjadi latar adegan suatu cerita novel atau film dokumenter. Maka, persiapkan charger handphone dan power bank juga.


So, dari sekian banyak perlengkapan yang harus dibawa, biasanya kalau travelling kamu suka bawa barang apa saja?

1 comment:

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon