2 Tips Mudah Menjadi Seorang Penulis Blog

Tags

Menjadi seorang penulis blog, cerpen atau jenis tulisan lainnya memang membutuhkan keseriusan. Menurut Saya sebagai seorang blogger pemula, menulis sebuah artikel di blog memiliki tantangan tersendiri. Bagaimana membuat kalimat yang menarik, tidak membosankan, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti, dan topik yang ditulis menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menulis sebuah artikel.


Namun, terlepas dari pertimbangan besar yang Saya lakukan. Dua tips ini ternyata sangat mudah kita terapkan ketika ingin memulai menulis sebuah artikel blog atau jenis tulisan lainnya. Dua diantaranya berikut ini:


1. Membaca
Yah, membaca memang pasangan sejati dari kegiatan menulis. Hal yang satu ini dapat memberikan kita insight tentang bagaimana tipe tulisan yang menjadi ciri khas dari tulisan yang kita hasilkan. 


Semakin banyak membaca semakin luas pengetahuan yang akan kita sajikan di dalam topik yang akan kita tulis. Sesuai dengan tipe tulisan yang akan kita tulis, kegiatan membaca ini pun beragam. Misalnya saja ingin menulis blog, yang kita lakukan adalah dengan membaca tulisan blog orang lain. Istilah ini disebut dengan blogwalking yaitu sebuah aktivitas berselancar ke berbagai blog lain yang sesuai dengan niche (fokus) blog yang ingin kita tulis. Jika fokus tulisan yang kita tulis tentang travel blogger, blog ini bisa menjadi salah satu referensi :D.


Jika kita ingin menulis novel, maka hal yang harus kita lakukan adalah dengan menambah bacaan novel sesuai dengan genre yang akan kita tulis. Misalnya fiksi atau non fiksi, petualang, romansa atau triller. Hal ini dapat memberikan gambaran bagaimana alur dari buku itu ditulis, gaya bahasa penulis, pembuatan judul dan berbagai hal menarik lainnya dari novel tersebut yang dapat menjadi tambahan ilmu kepenulisan secara tidak langsung.

Ayo Menulis :D

2. Menulis
Aksi dari keinginan menjadi seorang penulis adalah kegiatan menulis itu sendiri. Menurut seorang penulis kondang, Tere Liye. Jika kita ingin menjadi seorang penulis, cobalah menulis sebanyak 1000 kata setiap hari. Hal ini dapat membantu mengasah tulisan yang kita buat. Pun jika tidak bisa menuliskan 1000 kata, kita bisa latihan menulis 200 kata, 300 kata dan meningkat seiring dengan latihan yang akan kita lakukan. (Saya sendiri jarang menuliskan 1000 kata dalam sebuah artikel :D).


Cara mengasah tulisan kita juga dapat dilakukan dengan mengikuti komunitas kepenulisan, seperti yang Saya ikuti, Komunitas Blogger Perempuan. Meskipun Saya baru ikut kumpul dengan komunitas ini satu kali saat di Jakarta. Namun, hal ini ternyata dapat memicu semangat saya untuk tetap nge-blog. Alasannya, ternyata banyak mak-mak, mba-mba di luar sana yang menyukai aktivitas menjadi seorang blogger. 


Sedikit cerita tentang komunitas ini. Sesuai dengan namanya 'Komunitas Blogger Perempuan' Komunitas ini merupakan kumpulan para blogger perempuan. Didirikan dengan tujuan mewadahi para perempuan yang senang dalam literasi, khususnya blog.  (Cerita lebih lengkap tentang Komunitas Blogger Perempuan bisa dibaca di sini).


Namun, jika tidak memungkinkan untuk bergabung di sebuah komunitas kepenulisan, cara paling mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan belajar mandiri alias otodidak, yang mana belajar mandiri ini mayoritas mengandalkan ilmu-ilmu yang tersebar di media sosial atau buku-buku yang kita baca. Cara ini cukup efektif meskipun terkadang memusingkan karena tidak adanya mentor yang mengarahkan


Selain tips di atas, setiap orang memiliki cara uniknya sendiri untuk dapat menulis dengan konsisten pada bidang tulisan yang disukainya. Terkadang moto "Yang Penting Nulis" menjadi salah satu  moto andalan ketika Saya sedang 'gabut' bingung mau menulis apa. Namun, tetap dengan batasan bahwa tulisan itu memberikan manfaat untuk pembaca.


Kalau kamu, biasanya hal lain apa yang kamu lakukan ketika ingin menghasilkan sebuah tulisan ?

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon