Wisuda Tanpa Toga

Tags

Waktu berjalan, satu persatu episode kehidupan silih berganti dilalui. Ada yang menyesakkan dan ada pula yang menggembirakan. Semua berjalan pada skenario yang sudah ditetapkan.


Dalam episode perjuangan menyelesaikan studi yang Saya lalui ini. Banyak air mata dan tawa dirasa. Ada kalanya putus asa melanda. Ada kalanya semangat menggebu tak terkira, demi mengingat Sang Penyokong asa yang tak hentinya menguatkan.


Masih jelas terasa episode perjuangan itu. Beradaptasi dengan lingkungan, guru-guru kehidupan dan sahabat-sahabat seperjuangan yang baru ditemui. Mencoba menyamakan ritme dan langkah, meski kaki terkadang berhenti terjeda sesaat. Begadang menjadi makanan sehari-hari, hingga tidur menjadi komoditas langka yang dinanti. Memupuk kesabaran dalam perjalanan perkuliahan, penantian panjang untuk penyelesaian penelitian, mengulang pengujian, sidang dan perjalanan ini diakhiri dengan judul "Wisuda Tanpa Toga".

Ilmu Akuakultur Angkatan 54

Hari ini, selebrasi perjuangan itu dilakukan dalam bentuk wisuda. Tentu saja, saat pandemi seperti ini, wisuda online/daring menjadi pilihan bagi semua. Meskipun sudah diupayakan untuk memilih wisuda offline saat pendaftaran tahun lalu, panitia ternyata memberikan kejutan dengan mengirimkan pengumuman pelaksanaan wisuda online yang dilaksanakan hari ini, Rabu 18 Februari 2021. Tepat satu tahun empat hari setelah sidang akhir sebagai penentu kelulusan.


Tidak memungkiri, banyak wisudawan menginginkan wisuda di Gedung Graha Wisuda (Grawida) di IPB University. Tempat bersejarah yang menyaksikan tetes air mata kegembiraan. Bersama dengan orang tua-sanak kerabat yang turut meramaikan. Tak terlepas tempat berfoto bersama, Koin IPB, yang biasanya selalu ramai untuk mengabadikan moment kemenangan.

Tri, Terima Kasih Telah Berjuang Bersama

Wisuda bukan hanya sekedar sebagai bentuk selebrasi diri atas perjuangan panjang yang telah dilakukan. Melainkan, sebagai bentuk persembahan atas usaha keras dukungan orang tua dan keluarga.


Sebelum pandemi menyerang, sempat terpikirkan untuk memakaikan toga kepada bapak-ibu secara bergantian.  Karena sejatinya mereka-lah yang lebih layak untuk merayakan, atas doa dan dukungan yang tak hentinya diutarakan. Namun, skenario Allah telah ditetapkan, wisuda kali ini yang terbaik adanya.


Peserta wisuda kali ini merupakan gabungan dari wisudawan tahap VI dan VII tahun ajar 2019/2020 dengan jumlah 890 peserta. Meski pada awal pandemi kami masih mendapatkan kesempatan untuk mendaftar wisuda offline, ternyata wisuda online juga yang kami dapatkan. Padahal, banyak peserta yang bersedia menunggu sampai kapan pun wisuda offline itu dilaksanakan, termasuk Saya.


Wisuda online, tanpa toga. Bagi wisudawan yang masih stay di Bogor, mungkin bisa mendapatkan pinjaman toga dari kampus. Untuk yang sudah mudik dan lama di kampung halaman, alternatif lainnya bisa membeli toga dari toko online atau pilihan lainnya tidak menggunakan toga, seperti Saya.


Hari Senin kemarin, seorang teman dalam pesan yang dikirimkan mengatakan bahwa Ia memesan toga yang akan dipakai untuk foto bersama dengan keluarga. Karena tidak terpikirkan sama sekali, Saya pun tidak melakukan persiapan apa-apa. Mau pesan toga pun, pengiriman barang akan lebih dari dua hari, yang artinya barang akan sampai setelah melewati tanggal wisuda. Tak apalah wisuda tanpa wisuda. Mungkin nanti bisa ke kota hujan lagi dan foto bersama dengan keluarga di sana. :D


Mungkin tidak hanya Saya saja yang mengalami hal seperti ini. Banyak mahasiswa dari berbagai kampus yang berbeda, mengalami hal yang sama. Wisuda online, wisuda tanpa toga.


Selamat kepada para Wisudawan yang wisuda hari ini. Semoga berkah melimpah untuk ilmu yang didapatkan. Selamat mengabdi di ranah masing-masing. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan studi Saya selama ini. Semoga Allah memberikan kebaikan dan keberkahan selalu.


Selamat tinggal episode lama, terima kasih telah kuat melangkah bersama. Selamat datang episode baru, semoga banyak kebaikan akan kita lakukan selanjutnya.

2 comments:

  1. Semoga kita bisa bersua kembali ya.. Miss you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai jumpa kembali dipertemuan berikutnya Ki..

      Delete

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon