Review Buku: Awe-Inspiring Me

Tags

Buku karya Dr. Dewi Nur Aisyah ini menjadi buku yang pertama kali saya review. Buku ini saya beli pertama kalinya pada bulan Januari 2021. Merupakan cetakan ke-7 setelah cetakan pertama yang diterbitkan pada tahun 2017. Lumayan lama ya, saya baru membeli buku ini (baru tahu adanya buku ini: D, baca bukunya kurang banyak).

Kamu, sudah pernah baca buku ini?

Tentang penulis


Dewi Nur Aisyah merupakan seorang ibu dari tiga anak yang berhasil menyelesaikan jenjang doctoral/Ph.D nya di University College London, menjadi satu-satunya muslimah (berkerudung) dari Indonesia yang dapat menempuh pendidikan di kampus yang memiliki urutan ke-4 terbaik dunia. Ia menyelesaikan studi (S1) di Universitas Indonesia-Jakarta selama 3,5 tahun, S2 di Imperial College London dengan Beasiswa Unggulan Dikti, dan studi S3 di Inggris dengan Beasiswa Presiden Indonesia (BPRI).


Ia merupakan seorang ahli epidemiologi. Sehingga setelah selesai dari study-nya, Ia menjadi bagian dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Indonesia. Berbagai ajang telah Ia ikuti, tentu dengan pencapaian yang menajubkan.


Tentang buku Awe Inspiring Me


Buku ini memiliki cover yang eye catching berwarna pink, dengan animasi muslimah sebagai covernya. Pada bagian bawah sampul terdapat tulisan "Dream big, Shine bright, Inspiring more", menjadi penjelasan singkat bagaimana isi dari buku. Pada lembar ke tiga setelah sampul, terdapat tulisan "Duhai ukhti, jadilah luar biasa". Menarik bukan? dari judulnya saja sudah terlihat betapa menariknya buku ini. 

Sangat detail sekali


Daftar isi yang disajikan meliputi: Muslimah kuper, masih zaman?, Menjejak asa menulis rencana, Mengelola masa muda, Menghadapi kegagalan, Mendekat kepada Allah, dan Mengelola hati. Poin-poin di atas tidak akan saya jelaskan semuanya. Saya hanya menuliskan bab-bab yang menjadi topik utama, untuk sub bab yang sangat menarik tidak saya tulisakan sepenuhnya. Semoga hal ini  menjadi sedikit spoiler bagi kamu yang ingin membeli atau belum pernah mendengar judul buku ini sama sekali, agar semangat untuk segera memiliki buku ini: D


Penulis menjabarkan tentang peran seorang muslimah dalam berbagai ranah kehidupan. Ia menceritakan bagaimana perjalanan yang Ia lakukan sejak SMA hingga perkuliahan. Bagaimana ia menuliskan secara rinci tentang target-target yang ingin Ia capai saat S1. Rencana tersebut Ia jabarkan secara rinci tentang kompetensi (aksi) apa saja yang harus Ia lakukan untuk mencapai target tersebut serta capaian yang sudah Ia dapatkan. Di bawah target tersebut terdapat tulisan "Tuliskan rencanamu dengan pensil, lalu berikan penghapusnya kepada Allah. Biarkan Ia menghapus bagian-bagian yang salah dan menggantikanya dengan skenarioNya yang jauh lebih indah".

Gagal itu biasa, namun bangkit dari kegagalan itu luar biasa


Dalam tulisannya, Ia menegaskan "Jilbab dan identitas muslimah bukanlah suatu hal yang membatasi gerak langkah sosial seorang wanita. Muslimah juga bisa berkarya menuai prestasi-prestasi nyata bagi dunia". Ia menjabarkan tentang bagaimana seorang wanita harus mengatur waktu yang mereka miliki. Bagaimana cara mengelola hati atas benih-benih cinta yang muncul, bagaimana seorang muslimah harus tetap melangkah meskipun banyak kegagalan dalam mencapai apa yang mereka targetkan, dan masih banyak hal yang menginspirasi lainnya.


Buku Awe-Inspiring Me dilengkapi dengan animasi muslimah yang menarik. Selain itu beberapa foto tentang kegiatan/ajang yang Penulis ikuti selama perkuliahan juga ditambahkan. Sehingga, buku dengan jumlah 233 halaman ini tidak membosankan untuk dibaca. Bahkan tidak begitu terasa, karena banyak dilengkapi gambar.


Sebuah buku kecil dan tipis dengan tulisan "My Life Plan" terselib diantara halaman utama buku.  Terdapat tujuh form dalam buku ini. Form pertama berisi tentang rencana yang akan/ingin dicapai oleh pembaca pada umur 16-60 tahun. Form kedua berisi tentang target yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan (target jangka pendek). Form ketiga berisi tentang aksi setiap bulan yang akan dilakukan, mulai dari Januari-Desember, untuk mendukung capaian tahunan yang pembaca inginkan. From empat-tujuh, dapat kamu baca sendiri nanti saat sudah membeli atau meminjam buku ini ya. Jika pembaca merasa kesulitan dalam mengisi form tersebut, Penulis menuliskan secara rinci dan lengkap tentang rencana, target yang sudah Ia lalui atau capai sebelumnya.

Bisa buat menuliskan target tahun depan


Buku ini sangat menarik sekali, Penulis memberikan contoh real tentang bagaimana perjuangan seorang muslimah untuk meng-upgrade dirinya ke level tertinggi yang mampu Ia capai dengan menggantungkan sepenuhnya apa yang Ia lakukan kepada Allah. Ia mendorong bagaimana seorang muslimah bisa berperan dalam berbagai ranah kehidupan dengan tidak meninggalkan jati dirinya sebagai seorang muslimah.


Ketika membaca buku "Awe-Inspiring Me" membuat saya tersadar, bahwa seberapa tidak beraturnya hidup yang sudah saya jalani.:D. Menjadi perbandingan yang meletupkan semangat bukan mengkerdilkan niat untuk berkembang menjadi lebih baik.


Melalui buku ini, saya bisa melihat. Bahwa menjadi seorang muslimah, anak, ibu dan istri tidak menjadikan peran seorang wanita terhambat. Justeru semua hal tersebut menjadi support system yang bisa memperkuat perjuangan selama perjalanan.
 

Selamat Membaca Buku Awe-Inspiring Me


Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon