18.04 Kg Bandeng Pemenang Kontes Bandeng Kawak Gresik

Perhelatan pasar bandeng atau lelang maupun kontes bandeng sudah menjadi agenda tahunan di kota Gresik yang diadakan setiap bulan ramadan. Berbeda dengan tahun sebelumnya saat masih dalam suasana pandemi dengan kasus yang tinggi, tahun ini pelaksanaan pasar bandeng dilaksanakan hanya di satu lokasi.


Flashback pasar bandeng tahun lalu. Pada saat itu pasar bandeng dibuka kembali setelah ditiadakan pada tahun 2020. Pada tahun tersebut, merupakan era new normal yang diharapkan dengan diadakannya pasar bandeng dapat meningkatkan atau menghidupkan kembali perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, pelaksanaan pasar bandeng diadakan di sepuluh lokasi yang berbeda, seperti di Gresik, Cerme, Duduksampeyan, Menganti, Benjeng, Kedamean, Manyar, Bungah, Sidayu, dan Ujungpangkah. 


Bandeng ini seberat 4kg, terlihat kecil ya:D

Pada saat itu bandeng terberat yang memenangkan lelang seberat 6.5kg dengan panjang 86 sentimeter yang dipelihara selama 8 tahun. Dan bandeng ini berhasil dilelang dengan harga 25.5 juta yang kemudian dibeli oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi.


Kembali pada pelaksanaan pasara bandeng tahun ini.
Lokasi pasar bandeng tahun ini dimulai dari depan Ramayana sampai alun-alun kota Gresik. Karena dilaksanakan di satu lokasi, kondisi pasar sangat ramai sekali. Banyak pengunjung yang hadir, sehingga suasana cukup berdesak-desakkan. 


Ikon utama dalam perhelatan ini adalah ikan bandeng. Berbeda dengan tahun sebelumnya pelaksanaan lelang bandeng selalu diadakan di akhir perhelatan pasar bandeng. Pada tahun ini hanya dilakukan kontes bandeng saja tanpa lelang dan kontes ini diadakan pada hari pertama pasar bandeng diadakan.


Ikan Bandeng yang memenangkan kontes pada pasar bandeng tahun ini seberat 18.04 kg dengan panjang 92 cm yang sudah dipelihara selama 12 tahun. Pemenang kontes ini mendapatkan hadiah uang serta umroh. Untuk juara 1 senilai 15jt rupiah+umroh, juara 2 senilai 10jt rupiah+umroh dan juara 3 senilai 5jt rupiah+umroh. Dan ternyata pemenang juara 1 tahun ini merupakan pemenang juara 3 tahun lalu juga.


Selain antusias masyarakat dalam mengikuti kontes bandeng, masyarakat juga membeli bandeng yang dijual di stan-stan yang banyak menjual ikan bandeng. Bahkan tadi malam saat saya bersama dengan seorang teman datang ke lokasi ini, saya menyaksikan transaksi penjualan ikan bandeng. Seorang pembeli membeli 1 ekor bandeng dengan bobot 5kg dengan harga 575rb dan kemudian mendapatkan diskon 50rb. Tahun lalu, saya juga menyaksikan pembelian bandeng dengan harga 1.15jt untuk 1 ekor (saya lupa berat bandengnya berapa kg).

Pemenang kontes bandeng seberat 18.04 kg (Pict gresiksatu.com)

Dilain pihak, sepasang suami istri tampak sibuk menimbang bandeng yang mereka miliki. Berat bandeng yang mereka timbang kurang lebih 20kg (bukan 1 ekor bandeng) dan ketika saya tanya bandeng tersebut ternyata sudah dipesan oleh orang yang ada di Duduksampeyan.


Ketika saya memposting harga bandeng tersebut, banyak teman yang tanya 'bandengnya buat apa?' saya jawab 'ya buat lauk'.  Bagi saya pun bagi mereka melihat antusias orang Gresik yang mau membeli bandeng dengan harga yang fantastis merupakan hal yang tidak wajar. Bagi kami yang tinggal daerah pegunungan, kami terbiasa membeli bandeng yang sudah dikukus yang biasanya sudah diberi bumbu warna kuning dan harganya juga murah hanya 10rb, itu pun dapat 3 ekor :D (tergantung ukuran ikan).


Ikan bandeng menjadi lauk yang wajib ada bagi sebagian besar orang Gresik. Sehinga mereka rela membeli ikan bandeng dengan harga yang mahal. Selain sebagai menu hidangan saat Idul Fitri, mampu membeli bandengan dengan harga yang mahal ini juga sebagi nilai prestise sendiri bagi mereka.


Pelaksanaan pasar bandeng akan berlangsung sampai tanggal 30 April 2022. Masih ada waktu jika kamu ingin merasakan semarak perhelatan acara ini. Meskipun tidak bisa menyaksikan konten ikan bandeng, namun masih bisa menikmati pasar rakyat yang ada pada acara ini. Berbagai makanan, minuman, pakaian dan lainnya di jual di area ini. Jadi jangan risau, masih bayak hal yang bisa dinikmati. Para penjual yang ada di pasar bandeng ini ternyata mereka yang berjualan juga saat Malam Selawe diadakan.


Kalau kamu, mau tidak membeli bandeng dengan harga yang mahal tersebut ?:D


#Tulisan ini merupakan tulisan terakhir dalam mengikuti BPN 30 Day Blog Challenge 2022 yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon