5 Tempat Ngabuburit Asyik di Kota Gresik

 

Ayam Penyet Suroboyo di Gresi

Ramadan itu indah, vibenya sangat terasa. Alunan ayat suci yang berkumandang dari masjid mushola, makanan minuman yang dijual di samping jalan, dan yang tidak tertinggal adalah ngabuburit bersama. Ngabuburit menjadi hal yang sangat dirindukan saat awal pandemi dua tahun yang lalu. Ngabuburit menjadi agenda yang begitu dinantikan saat ramadan tiba. Menjadi wacana yang di realisasikan pelaksanaanya. 

 
Situasi saat ini jauh lebih baik dari awal pandemi, sehingga ngabuburit bersama sudah diperbolehkan untuk dilakukan meskipun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Dalam menentukan lokasi untuk ngabuburit terkadang memerlukan waktu untuk survey, menu yang disajikan, ketersediaan seat, harga, mushola, lahan parkir menjadi hal yang diperhitungkan sebelum memilih rumah makan untuk ngabuburit. Untuk memudahkan pemilihan lokasi, berikut beberapa rumah makan yang bisa menjadi opsi untuk ngabuburit yang ada di Kota Gresik.


1. Masjid
Masjid menjadi list pertama dalam kategori ini. Mendengarkan ceramah saat sore hari, ngabuburit, sholat magrib, sholat isya' dan sholat tarawih bisa dilakukan sekaligus. Beberapa tahun lalu, saat menjadi mahasiswa saya dan beberapa orang teman sering melakukan ini.  


Saat itu (mungkin berlanjut sampai sekarang) bulan puasa tiba, panitia Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) menyediakan kurang lebih 1000 porsi takjil dan makanan berat. Setiap mahasiswa yang ada di masjid, akan mendapatkan kupon yang bisa ditukarkan dengan makan berat (nasi dan minuman). 

Mahasiswa yang saat itu masih banyak di lab atau berada di kampus, memilih untuk berbuka puasa di masjid. (Cerita lengkapnya bisa kamu baca di sini.)
Alamat masjid:  Masjid terdekat di sekitar anda :D


2. Iga Karto
Tempat yang ke dua ini memiliki area utama yang luas. Selain itu, terdapat sebuah mushola yang dapat digunakan untuk sholat saat adzan tiba. Sesuai dengan namanya, menu utama yang disajikan adalah iga bakar. Jika tidak suka dengan makanan berbau daging sapi, maka bisa memilih menu lain seperti  ayam goreng, telur dadar, bakso bakar dan pilihan menu lainnya. Minuman pelengkap yang disajikan juga beragam, diantaranya beras kencur, es jeruk, es teh, dan lainnya.


Alamat rumah makan Iga Karto: Jl. Jawa No. 105, Karanggondang, Yosowilangun, Kec. Manyar

Rumah Makan Iga Karto Gresik

3. Ayam Penyet Suroboyo
Penyet Suroboyo terletak hampir berseberangan dengan Iga Karto.  Di samping Penyet Suroboyo juga terdapat rumah makan Sambel Lalap dan Angkringan. Berada dalam satu komplek, sehingga menjadi pilihan lain yang bisa dicoba. Sesuai dengan namanya 'Penyet Suroboyo', rumah makan ini menyajikan menu ayam dan ikan bakar atau goreng sebagai menu utama. Lokasi ini cukup ramai, tidak heran memang, selain rasa makanan yang lumayan enak, harga menu di rumah makan ini cukup terjangkau.


Alamat rumah makan Penyet Suroboyo: Jl. Jawa, Karanggondang,  Yosowilangun, Kec. Manyar


4. Bakso H.Giman PPS
Jika ingin makan yang bekuah, salah satunya bisa coba di Bakso Giman yang ada di Perum Pondok Peramata Suci. Sebenarnya di area Gresik Kota Baru (GKB) juga terdapat warung bakso ini. Namun, jika kamu berencana untuk ngabuburit rombongan, tentu membutuhkan lokasi rumah makan yang memiliki cukup area parkir. Selain pengunjung juga merasa aman, keberadaan mushola di area ini juga nyaman. Bagi kamu penyuka bakso, bisa coba datang ke rumah makan ini.


Alamat Bakso H. Giman PPS: Jl. Raya Permata Suci No. 10, Dahanrejo, Suci, Kec. Kebomas
Alamat Bakso H. Giman di Gresik Kota Baru (GKB): Jl. Jawa No.74 GKB, Kec. Kebomas


5. Warung Apung Rahmawati
Di antara rumah makan yang saya sebutkan di atas, Warung Apung Rahmawati merupakan rumah makan yang paling besar di antara yang lain. Lahan parkir yang luas serta jumlah seat yang banyak menjadi pilihan yang bisa kamu coba. Jika mau ngabuburit dengan jumlah yang besar (satu kantor misalnya), mungkin bisa mereservasi rumah makan ini (Jika jumlah anggota banyak, mungkin bisa booking satu rumah makan sekaligus :D).  Pilihan menu yang ditawarkan juga beragam, seperti cumi asam manis, gurami bakar, ayam goreng dan lainnya.


Alamat Warung Apung Rahmawati: Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo, No. 109, Kebomas, Ngipik, Kecamatan Gresik.


Ketika memutuskan ngabuburit di rumah makan. Pasti ada 'harga' yang harus dibayar. Tergesa-gesa untuk sholat magrib (harus mengantri jika kita tidak mensiasati untuk sholat magrib saat adzan tiba) atau tidak ikut sholat tarawih di masjid karena asyiknya bercengkerama. 


Selain itu, untuk ngabuburit di rumah makan, biasanya para pembeli harus melakukan reservasi terlebih dahulu.Apalagi saat pandemi seperti ini, kita tidak bisa langsung masuk ke rumah makan tersebut untuk memesan makanan (bisa langsung pesan jika lewat dari jam berbuka puasa, setelah isya atau tarawih misalnya).


Ramadan mubarak.
*Tulisan selama bulan puasa ini menjadi bagian dari upaya saya untuk berpartisipasi dalam 30 Days Ramadan Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan. Happy reading

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon