Kenapa Mau Menjadi Blogger?

Mengapa mau menjadi seorang blogger? Bagaimana cerita pertama kali memulai menulis? Apa tujuan dari menulis blog?  Sejauh ini saya tidak pernah mendapat pertanyaan tersebut ketika berinteraksi dengan teman :D. Mereka hanya tahu jika saya menyukai tulis menulis di website.


Menjadi seorang blogger awalnya saya lakukan karena dikenalkan oleh seorang teman yang sudah memuli dunia tulis menulis. Saat itu website beliau sudah cukup terkenal oleh para peselanjar di dunia maya (saat ini website beliau sudah berkembang sangat pesat, bahkan memiliki nama media (corp) sendiri)). 


Setelah mendapat tutorial cara membuat blog dari beliau, mulailah saya iseng untuk membuat blog dengan nama sendiri, tentu masih menggunakan blogspot yang gratis. Menulis beberapa judul dengan jumlah kata yang sangat minim (seingat saya hanya 50-100 kata dalam satu artikel). 

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari menulis blog

Setelah waktu berlalu, saya mulai mengambil inti dari perjalan ngeblog ini, mulai mencari tujuan dari blog ini dibuat. Berbagi informasi yang bermanfaat menjadi salah satu poin utama yang membuat blog ini lanjut sampai saat ini. Meskipun, saya baru memiliki semangat untuk serius menulis beberapa tahun ini.


Salah satu informasi yang bermanfaat (menurut saya :D) yang pernah saya bagikan adalah ketika jaringan internet (cara log in terbaru) yang mulai berubah di kampus saya sebelumnya. Saat itu, saya juga mengalami kesulitan bagaimana cara untuk connect dengan device yang baru. Ketika berada di perpustakaan kampus seorang teman membantu untuk menginstall aplikasi baru yang akan memudahkan untuk masuk ke jaringan internet.


Tahapan untuk connect ke jaringan internet yang baru ternyata cukup panjang. Ada kemungkinan ketika kami tidak bertemu di perpustakaan, dapat dipastikan saya akan kesulitan untuk mencari cara masuk jaringan internet terbaru. (Meskipun laman website kampus menyediakan informasi tentang perubahan cara log in ini, namun saat itu saya tidak tahu mengenai informasi tersebut).


Saat ingin ke luar dari perpustakaan, saya melihat sebuah kertas yang dilaminasi di tempel di meja petugas pencatatan peminjaman buku. Kemudian saya menfoto flyer tersebut dan setelahnya saya menuliskan cara log in terbaru untuk jaringan internet di kampus berdasarkan flyer yang saya foto tersebut. Niat saya awalnya hanya ingin update tulisan, setidaknya ada tulisan yang terbit karena pada saat itu tidak ada topik yang ingin dituliskan sampai kemudian bertemu dengan flyer tersebut.


Saat ini, artikel dengan judul tersebut menjadi salah satu artikel dengan jumlah kunjungan yang tinggi (mungkin para pengunjung utama dari topik ini adalah mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk log ini ulang). Sejak saat itu saya berfikir ternyata aktivitas yang saya lakukan ternyata bisa membantu orang lain.


Maka dengan mengelola blog trianarepa.com ini, saya berharap bisa menjadi salah satu media yang bisa memberikan infomasi yang bermanfaat untuk para pembaca. Sejauh ini topik yang saya tuliskan banyak bercerita tentang perjalanan yang sudah pernah saya lalui. Oleh sebab itu, nama lain dari blog ini adalah Sang Pejalan.


Dengan menggunakan kata Sang Pejalan, secara tidak langsung saya ingin memetik hikmah dari setiap perjalanan yang saya lakukan. Kemudian, dari setiap perjalan yang saya lakukan (traveling, membaca buku, atau kegiatan positif lainnya) semoga ada hal baik yang bisa dibagikan kepada pembaca.


Menjadi seorang blogger memberikan kebahagiaan tersendiri, apalagi saat artikel yang kita tulis memberikan manfaat bagi orang lain. Selain itu, menulis di blog khususnya memberikan training untuk merangkai kata yang tepat dari apa yang kita lihat, dengar dan kejadian lain yang kita rasakan. Menulis blog juga menjadi cara untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain.


Menuliskan berbagai kisah perjalanan melalui media seperti blog, menjadi upaya untuk mengasah kemampuan menulis. Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk membaca dan menulis, semakin terasah kemampuan yang kita miliki.


Maka melalui kegiatan menulis ini (blog) semoga ada kebaikan yang bisa disebarkan dan semoga menjadi bagian dari orang-orang yang berjuang untuk menebar kebaikan  'Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain (HR. At Tabrani)'

#Tulisan berikut menjadi bagian dari BPN 30 Day Blogger Challenge 2022 yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon