Rekomendasi Akun Media Sosial Bermanfaat

Salah satu alasan mengikuti (follow, subscibe) akun lain adalah karena akun tersebut menarik. Menarik dalam hal memberikan informasi dan manfaat. Berikut beberapa akun yang saya ikuti sejauh ini. Akun-akun ini juga bisa kamu follow jika kamu merasa ada manfaat ketika mengikuti akun tersebut. Berikut diantaranya:

1. Youtube
1. Mufti Menk dan Aagym Official
Salah satu cara untuk menjaga kestabilan iman yang kita miliki adalah dengan mengikuti pengajian. Saat pandemi menyerang, kegiatan pengajian offline ini sulit dilakukan, sehingga salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menyimak kajian melalui platform online.


Channel Mufti Menk (Bahasa inggris) dan Aagym Official merupakan salah satu channel yang saya subscribe. Channel ini berisi tentang berbagai topik pengajian yang membantu kestabilan iman kita. (jika kita melakukan apa yang beliau sampaikan). Apalagi saat kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya, saat ada ketakutan di dalam diri akan kematian, maka channel inilah yang bisa membantu menjernihkan keadaan.

Apa saja akun media sosial favorit yang kamu ikuti?

Mengikuti channel tentang agama membuat kita stay on the track, tidak kesasar ketika kita ‘oleng’. Serta menjaga kestabilan jiwa. Indonesia memiliki banyak sekali ustad atau ustadzah yang ceramahnya saat ini bisa dengan mudah kita temukan. Misalnya ustadz Adi hidayat, ustadzah Oki Setiana Dewi, ustad Hanan Ataki dan lain sebagainya. 


2. Alam Semenit  dan Kugzgesagt
Kamu suka tayangan tentang alam? Dua channel ini bisa kamu subscribe. Channel Alam Semenit merupakan channel yang berisi tentang alam, seperti Misteri laut dalam, Mimikri atau kamuflase dari hewan, Kurma buah dari surga, Pakis nan fantasis dan lainnya. Informasi disajikan dengan sangat menarik serta menggunakan sumber-sumber referensi yang terpercaya.


Tidak jauh berbeda dengan Alam Semenit, Kurzgesagt merupakan channel berbahasa inggris yang banyak membahas tentang banyak hal seperti Climate Change (Salah satu referensi yang saya ambil saat mengikuti blog competition-iklim), Nuklir, Life & Energy, Ancient Aliens, Black Holes  dan lain sebagainya. Channel ini juga menyajikan informasi dengan animasi yang sangat menarik.

3. Sabeel Ahmed dan Toward Eternity
Dua channel berikut disampaikan dalam bahasa inggris. Channel Sabeel Ahmed sering menampilkan kunjungan dari berbagai kalangan masyarakat untuk belajar atau hanya sekedar ingin tahu tentang Islam. Kajian biasanya dilaksanakan di sebuah aula masjid, para pengunjung akan menyimak materi yang disampaikan serta tanya jawab seputar Islam.


Toward Eternity berisi tentang penjabaran yang sangat detil dan menarik sekali tentang banyak hal. Misalnya Bagaimana mungkin Al Qur'an tidak berubah, Mengapa Atheis tidak percaya adanya Tuhan, Bukti-bukti akhirat itu ada dan lain sebagainya. Bagi kamu yang suka mencari korelasi antara agama, logika dan science, sangat cocok jika kamu juga mengikuti channel ini.


4. Rumil Al-Hilya
Rumil Al-Hilya merupakan channel yang membahas banyak topik seperti perkembangan anak, kehidupan pernikahan, serta ceramah dengan topik yang umum. Channel ini memberikan informasi yang sangat banyak sekali, misalnya bagaimana cara mendidik anak laki dan perempuan yang cenderung memiliki perbedaan. Maka untuk saya yang tidak pernah belajar tentang parenting, mengikuti channel ini menjadi salah satu upaya untuk belajar tentang topik-topik tersebut.


5. Baim Paula
Siapa yang tidak kenal dengan channel ini? Baim Paula merupakan channel yang sudah sangat terkenal dan memiliki jutaan subscriber. Dengan aksi yang dilakukan, membuat orang yang menerima bantuan bahagia dan juga membuat orang yang melihat channel tersebut juga memiliki keinginan memberi kepada sesama. Channel ini secara tidak langsung mengajarkan kita untuk peduli dengan sesama, sesuai dengan yang mampu kita lakukan tentu saja.


Selain channel  tersebut, masih banyak lagi channel bermanfaat lainnya yang tidak bisa saya sebutkan semua dengan segala keunikan atau ciri khas dari masing-masing.


2. Instagram
Instagram memberikan kita informasi yang tidak kalah menarik juga. Beberapa akun berikut merupakan akun yang saya ikuti sejauh ini:


1. Blogger Perempuan
Kekurangan kita dalam memahami suatu topik, blog misalnya bisa jadi bukan karena kita benar-benar tidak tahu, melainkan karena tidak tau mau mencari tahu. Hal ini terjadi dengan saya. Blog saya sudah lama berada pada fase stagnan, tidak tumbuh. Namun, ketika join akun ini saya menemukan bahwa blog saya masih sangat banyak yang harus diperbaiki. 


Selain untuk perbaikan kualitas blog pribadi, dengan mengikuti akun ini saya juga mendapatkan insight dari anggota lain yang memfollow akun ini. Saya bisa juga membaca tulisan mereka. Bagaimana mereka menggunakan gaya bahasa yang berbeda, tampilan blog yang menarik, topik-topik yang dibahas di blog tersebut yang bisa juga menjadi ide tulisan, dan manfaat lainnya.


2. Thegangoffur
Thegangofur merupakan akun yang saya ikuti selama bulan puasa ini. Akun ini berisi quotes tentang agama. Disajikan dengan animasi yang menarik serta isi dari post yang 'kena' di hati. Doa sehari-hari serta tips kebaikan lainnya memberi kemudahan untuk  mengikuti langkah-langkah atau menghafalkan doa yang ditampilkan di post akun tersebut.


3. Dewi.N.Aisyah, Ario Muhammad, Birrul Qodriyyah
Merupakan akun personal yang memberikan pengetahuan mengenai perkuliahan di luar negeri. Melalui post yang mereka tampilkan kita mengetahui bagaimana kehidupan yang mereka lalui, perjugan yang mereka lakukan, tantangan selama perkuliahan, prestasi yang mereka dapatkan dan lainnya. Hal ini membuka mata saya tentang perkuliahan di luar negeri yang belum pernah saya alami sebelumnya. 

Mengikuti instagram mereka membuat diri terkadang (bermimpi) 'bagaimana ya rasanya kuliah di luar negeri? tantanganya pasti besar sekali untuk bisa kuliah di sana, wah bahasa inggris mereka sangat lancar dan bagus pengucapannya'. Mengikuti akun tersebut memberi semangat diri untuk tumbuh, semampu kita.


Selain akun di atas masih banyak juga akun lain yang bermanfaat. Kalau kamu, akun bermanfaat apa saja yang kamu ikuti? bisa share di kolom komentar ya.


#Tulisan berikut merupakan bagian dari BPN 30 Day Ramadan Challenge 2022 yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon