Hari Raya Idul Fitri 2022 Kapan?

Tags

Saat ini kita telah memasuki ramadan hari ke-29 atau 30. Sama seperti saat awal puasa, masyarakat yang mengikuti pemerintah masih bertanya-tanya kapan pelaksanan sholat Idul Fitri dilakukan. Apakah esok hari atau lusa. Informasi ini insyaAllah akan kita dapatkan saat sore atau malam hari nanti.


Menurut informasi di laman muhammadiyah.or.id masyarakat Muhammadiyah melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri esok hari yaitu tanggal 2 Mei 2022. Sementara masyarakat umum atau Nahdlatul Ulama yang mengikuti pemerintah masih harus bersabar untuk menunggu hasil sidang itsbat.

Kamu sholat Idul Fitri Kapan

Sidang itsbat rencananya diselenggarakan hari ini, pukul 17.00 WIB. Pelaksanaan sidang ini bisa kita ikuti diberbagai saluran resmi, seperti:
1. Live streaming TVRI pada halaman https://tvri.go.id/live
2. Channel youtube Kementerian Agama
3. Instagram Kementerian Agama @kemenag_ri.


Selain media tersebut, bagi masyarakat yang jarang mengakses media masa dapat menyaksikan sidang melalui televisi (di desa saya hampir 99% para orang tua tidak memiliki smart phone, jadi informasi ini hanya diperoleh dari televisi).


Semoga saja pelaksanaan sholat idul fitri antara pemerintah, muhammadiyah dan berbagai organisasi keagaaman Islam lainnya  serentak dilakukan esok hari. Pun ketika berbeda, ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Indonesia, sehingga semua akan baik-baik saja.


Momen Idul fitri merupakan hal yang sangat penting bagi umat Islam. Setelah  berpuasa selama satu bulan penuh, menahan haus, lapar, menahan segala kebiasaan yang merugikan dan lainnya. Maka pada kesempatan ini, umat muslim akan 'kembali suci', kembali menjadi pribadi baru yang lebih baik dari sebelumnya.


Puasa telah mengajarkan kita banyak hal, seperti hal-hal yang sulit kita lakukan ternyata bisa dilakukan pada bulan puasa ini. Misalnya khatam membaca Alqur'an (bahkan mungkin ada yang lebih dari satu kali), mampu menahan untuk tidak merokok (bagi laki-laki), meningkat dalam berbuat kebaikan atau membantu orang lain, lebih bisa memanfaatkan waktu dan berbagai capaian lainnya.


Bisa menyelesaikan puasa secara tuntas pada bulan ini, juga merupakan hal yang sangat luar biasa. Apalagi bagi anak kecil yang baru belajar untuk berpuasa, maka ibadah puasa ini menjadi awal bagi mereka untuk melaksanakan ibadah puasa pada tahun-tahun berikutya.


Bagi kita yang saat ini masih bisa mendengarkan suara takbir berkumandang di kampung halaman sendiri wajib untuk mengucapkan syukur. Karena  di luar sana banyak dari saudara kita bahkan tidak mendengarkan sayup suara takbir tersebab tinggal di negeri orang atau ada juga yang sedang tidak bisa mudik karena harus running penelitian yang tidak memungkinkan untuk ditinggalkan. Sehingga mereka harus menahan rindu. Terkadang mereka pun juga harus menahan derai air mata saat menerima telpon dari keluarga. 


Ya mau bagaimana lagi. Atas perjuangan yang tengah dilakukan ada hal lain yang harus dikorbankan, termasuk berkumpul dengan keluarga saat Idul Fitri. Kejadian ini juga pernah saya alami, ketika saat itu harus menyelesaikan penelitian yang baru dimulai. Pengen pulang, namun tidak mungkin dilakukan. Ternyata setelah sholat Idul Fitri di kampus, banyak juga mahasiswa lain yang juga ternyata tidak mudik.


Kembali lagi mengenai tanggal pelaksanaan lebaran, kalau di daerah kamu, kapan pelaksanaan sholat Idul Fitri dilakukan ?

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon