Keutamaan Puasa Syawal

Tags

Bulan Syawal merupakan bulan yang istimewa, salah satu keistimewaan itu adalah puasa Syawal. Sesuai dengan namanya, puasa ini dilakukan pada bulan Syawal, tidak seperti pemahaman saya sebelumnya jika puasa ini hanya dilakukan pada hari kedua setelah Idul Fitri berturut-turut selama enam hari, ternyata ada penjelasan lain mengenai hal tersebut.


Berbicara mengetani puasa Syawal ternyata puasa ini memiliki banyak keutamaan, berikut diantaranya:


Keutamaan puasa syawal
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر
Artinya: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahun penuh." (HR Muslim).


Wah menarik sekali ya, pahala dilipatgandakan berkali-kali lipat. Puasa Syawalini juga mengajarkan kita untuk konsisten, istiqomah melakukan kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama bulan ramadan kemarin. Agar yang sudah kita upayakan tersebut tidak berlalu atau terjadi saat bulan puasa saja maka dengan melaksanakan puasa syawal ini kita bisa menjaga ritme ibadah yang sudah kita lakukan.


Melaksanakan puasa Syawalini juga melatih kita untuk melakukan puasa sunah lain, seperti puasa Senin Kamis, puasa Daud, puasa Arafah, puasa Ayyamul bidh (puasa 3 hari pada pertengahan bulan) dan puasa lainnya.


Selain keutaman puasa syawal tersebut terdapat juga keutamaan untuk puasa sunah lainnya seperti berikut ini:


Nabi Muhammad bersabda Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut pintu ar-Rayyan. Yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu, ”Manakah orang-orang yang berpuasa?”. Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi yang bisa memasukinya. (HR. Bukhari & Muslim). 


Rasulullah SAW bersabda "Amal-amal akan dihadapkan atau diperiksa setiap Kamis dan Senin. Maka, aku suka jika amal-amalku diperiksa ketika aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi)
Kapan pelaksanaan puasa syawal?

Yuuk puasa syawal (pict ihramasia.com)

Pelaksanaan puasa Syawal:
1. Puasa syawal bisa dilakukan berurutan selama 6 hari  penuh, dapat dilakukan sejak hari ke-2 Idul Fitri atau hari ke-2 Syawal
2. Puasa Syawal boleh dilakukan dengan tidak berurutan
3. Mendahulukan membayar hutang terlebih dahulu
4. Mendahulukan puasa syawal terlebih dahulu jika kita takut akan terjeda dengan 'halangan' bagi perempuan

Bagaimana? tertarik untuk melaksanakan puasa syawal? yuuk mumpung kita masih dalam bulan syawal. Jika memang tidak bisa secara berututan, puasa ini juga bisa kita 'angsur' pelaksanaanya.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon