Setelah Mengikuti BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge

Tags

Seperti mimpi yang mustahil untuk diwujudkan begitu perasaan saya ketika berhasil menyelesaikan tantangan menulis selama 30 hari dengan 30 topik yang berbeda selama ramadan kemarin. Ada perasaan lega dan tentu saja tidak percaya ternyata apa yang saya anggap 'tidak mungkin' bisa diselesaikan ketika kita mau berusaha dan memaksakan diri untuk terus 'berjalan'.


Bagi saya bisa menulis artikel setiap hari di blog merupakan impian yang sudah sangat lama ingin dicapai yang menjadi wacana tidak tereksekusi. Melalui tantangan yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN) tersebut, banyak hal yang saya pelajari. Berikut diantaranya:


1. Menambah wawasan
Beberapa topik yang harus peserta tuliskan, ternyata tidak begitu saya mengerti. Alhasil, saya harus membaca banyak referensi untuk mendukung artikel yang saya tulis. Proses mencari referensi atau topik baru tersebut membuat saya mendapat tambahan wawasan baru yang belum atau minim saya ketahui sebelumnya. Salah satunya topik tentang manfaat kurma yang sangat luar biasa. Pemahaman saya terkait buah ini hanya sebatas sunnah ketika kita mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa. Ternyata banyak sekali kebaikan dari buah ini selain karena memang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

What'd you get from this challenge?


2. Belajar desain
Keterbatasan foto yang saya miliki karena topik yang dibahas beragam membuat saya mau tidak mau harus belajar untuk mendesain foto atau gambar yang disertakan pada artikel. Aplikasi yang saya gunakan selama BPN ramadan challenge kemarin adalah Canva. Sebelumnya, saya menggunakan Canva hanya untuk membuat brosur atau sertifikat. Setelah mengikuti challenge ini, saya menjadi tahu bahwa Canva memiliki beragam desain yang menarik. Mulailah saya mengakses Youtube untuk melihat bagaimana cara mendesain, keyword yang menarik dan lainnya sehingga hal ini dapat memudahkan dalam mendesain. Selain Canva, Pinterest juga menjadi gudang untuk mengakses gambar-gambar yang menarik dan mendukung.


3. Rasa senang
Mampu menyelesaikan 30 tulisan memberikan kesenangan tersendiri bagi saya. Ada rasa tidak percaya, karena memang ini baru bertama kalinya saya menulis setiap hari dengan topik yang beragam. Ada juga rasa nervous, merasa tidak yakin bisa menyelesaikan target tulisan pada saat pertama kali join tantangan ini. Serta perasaan seperti dikejar-kejar target saat sudah berhasil menyelesaikan satu topik atau upload arikel pasti muncul fikiran 'tulisan untuk besok belum paham sama sekali nih, harus banyak membaca referensi dan lainnya'.


4. Topik menarik
Saat mengelola blog sendiri di luar mengikuti challenge atau lomba, saya sering menghindari topik-topik yang saya anggap kurang menarik atau tidak saya pahami. Sehingga hal ini menjadikan wawasan yang saya miliki terbatas dan tidak berkembang.


Beragamnya topik yang dibahas dalam challenge ini, memaksa saya untuk terus mengupdate ilmu pengetahuan yang belum saya pahami. Hal ini menjadikan tantangan ini menarik untuk diikuti. Memang sebelumnya ada kekhawatiran bisa tidaknya menyelesaikan tantangan ini karena topik setiap harinya berbeda.


5. Bisa dilakukan
Ala bisa karena terpaksa. Hal ini terjadi pada saya. Memaksakan diri untuk mengikuti challenge merupakan hal yang saya lakukan. Awalnya kecil kemungkinan bagai saya untuk bisa menyelesaikan 30 tulisan. Karena memang jumlah tulisan dalam satu bulan yang saya tulis bisa dihitung jari, apalagi sampai 30 artikel, it's ridiculos. Namun, setelah melalui hari demi hari pelaksanaan tantangan, ternyata challenge ini bisa dilakukan.


Demikian beberapa hal yang saya rasakan selama mengikuti BPN ramadan challenge 2022. Kalau kamu juga mengikuti challenge ini, apa saja hal yang kamu rasakan setelah menyelesaikan tantangan ini? Share jawaban di kolom komentar ya. See you.

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon